ASN Makin Cakap Digital - Training of Trainers Literasi Digital di Lingkungan ASN Kemendikbudristek

ASN Makin Cakap Digital - Training of Trainers Literasi Digital di Lingkungan ASN Kemendikbudristek

--

BACA JUGA:Pelaku Penembakan Sopir Truk di Sungai Ceper OKI Berhasil Ditangkap, Ini Motifnya

“Informasi harus dilindungi karena sebetulnya target pencurian [dari peretasan] adalah informasi yang kita miliki,” jelasnya.

Di hari selanjutnya, Dr. Istiani menyampaikan materi mengenai Budaya Digital di Sektor Pemerintahan.

“Transformasi digital selalu bicara tentang manusia, bukan teknologi. Hard skill bisa dipelajari, namun hal yang berkaitan dengan manusia itu kompleks. Jadi kita harus bisa [menelaah] dengan pendekatan psikologi,” ujarnya.

Sesi dilanjutkan oleh Dr. Irene Camelyn Sinaga dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan materi tentang Ideologi Pancasila.

Tidak hanya mengenai empat pilar literasi digital dan pembinaan ideologi Pancasila, para peserta juga dibekali materi mengenai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Perlindungan Data Pribadi (PDP) oleh Teddy Sukardi.

BACA JUGA:PELINDO dan PGMI Palembang Gelar Turnamen Golf Pererat Ekosistem Maritim

Tujuannya supaya peserta mengetahui regulasi yang berkaitan dengan era digital. Kegiatan Literasi Digital segmen Pemerintahan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: