Kemenkominfo dan Siberkreasi Gelar Literasi Digital Sosial Media Marketing di Sumsel, Begini Cara Daftarnya

Kemenkominfo dan Siberkreasi Gelar Literasi Digital Sosial Media Marketing di Sumsel, Begini Cara Daftarnya

-Foto: dok/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, hadir di Sumatera termasuk Sumatera Selatan (Sumsel) guna meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan, program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online).

"Kegiatan event ini untuk penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatera dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas," ungkap Aptika, saat membuka acara webinar literasi digital, Kamis 24 November 2022.

Dikatakan Aptika, survei nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level sedang dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indek 4 (empat) pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

"Kenaikan skor indeks literasi digital ini merupakan suatu peningkatan, jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46," bebernya.

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Sumsel Sumbang 300 Kantong Darah untuk Korban Gempa Cianjur

Lanjutnya, percepatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.

"Perlu kita imbangi dengan peningkatan kapasitas," katanya. 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yakni, webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk Komunitas/Masyarakat Sumatera dan sekitarnya pada Sabtu, 26 November 2022 pukul 13.00 - 15.00 WIB dengan tema “Konsep Bisnis Digital: Social Media Marketing”.

Webinar ini menghadirkan Virna Lim, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia; Al Akbar Rahmadillah, Founder Sobat Cyber Indonesia; Mira Sahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi, sebagai narasumber.

BACA JUGA:38 Pengemin Ikut 44 Objek Lelang Lebak Lebung dan Sungai Kecamatan Kayuagung, 15 Objek Nihil Peminat

Masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://bit.ly/PendaftaraanSumatra25557

Selain itu, peserta juga bakal mendapatkan E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. 

Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi. (*)

Sumber: