Gubernur Sumsel Apresiasi Perusahaan yang Mampu Tekan Angka Pengangguran

Gubernur Sumsel Apresiasi Perusahaan yang Mampu Tekan Angka Pengangguran

Penghargaan Siddhakarya Tahun 2022, di Ballrom Golden Sriwijaya Palembang, Selasa 22 November 2022.-Foto: Edy Handoko/sumeks.co-

PALEMBANG SUMEKS.CO - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru memberikan apresiasi kepada sejumlah perusahaan dan perorangan, yang berhasil menekan angka pengangguran di Sumsel.

Gubernur Herman Deru mengungkapkan, penghargaan yang diberikan merupakan simbol apresiasi dari pemerintah kepada lembaga atau perseorangan, dalam rekrutmen tenaga kerja atau bentuk lainnya yang hasilnha dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Penerimana merupakan hasil penilaian yang sangat selektif dan tidak berpihak," ungkap Deru usai memberikan Penghargaan Siddhakarya Tahun 2022, di Ballrom Golden Sriwijaya Palembang, Selasa 22 November 2022.

Menurut Deru, penghargaan yang diberikan kepada stakeholder, perusahaan dan perorangan yang dinilai mampu menginspirasi semua kalangan termasuk memacu anak-anak muda untuk berkompetisi dalam membuka usaha.

"Persaingan kita ini semakin ketat, maka pemerintah hadir disini untuk menyeimbangkan persaingan itu," tuturnya.

BACA JUGA:Fuso Berisi 5.000 Liter BBM Solar Terbakar dan Meledak di Lokasi Pembangunan Tol Palembang-Betung

Selain itu, Deru mengajak kabupaten dan kota untuk terus mendorong lahirnya tenaga kerja terampil dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Pemprov Sumsel melalui pelatihan keterampilan.

"Jika perlu bawa semua pemuda-pemuda yang ada di daerah kita latih di tempat yang telah kita fasilitasi," ujarnya.

Deru juga mengajak pemangku kepentingan untuk memberikan kemudahan  bagi dunia usia yang baru memulai usahanya. Dengan memberikan permodalan, pemberian pelatihan  teknik marketing dan pemasaran produk.

"Pelaku usaha harus kita dukung dengan memberikan kemudahan. Jagan dibebani dengan aturan yang sifatnya terlalu kaku. Apalagi itu usaha baru," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumsel, H. Koimudin mengatakan, penyerahan Penganugerahan Siddhakarya sebagai salah satu upaya Pemprov Sumsel  mendorong kreativitas dan produktivitas di kalangan dunia usaha.

BACA JUGA:Baznas Kota Palembang Bedah Rumah Ustad Muhammad Iqbal

"Penilaian meliputi sapek kepemimpinan, perencanan strategis, fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), data informasi dan administrasi yang akurat serta manajemen proses dan hasil usaha dan lainnya," jelasnya.

Diketahui, Sertifikat kompetisi dari Badan Nasional Sertifikat Profesi yang diberikan sebanyak 352 se Sumsel. Diantaranya, lembaga dan perseorangan yang mendapatkan penghargaan Siddhakarya dari  Herman Deru meliputi, Anugerah Siddhakarya kategori Unggul PT. Kirana Permata, Nippon Indosari Corpindo, PT. Golden Blossom Sumatera, PT. Bimi Berkah Boga, PT. Perkebunan Wak Uban dan PT. Bumi Musi Sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: