Bangunan di Pasar dan Perkantoran Ambruk Timpa Mobil, Waspada Potensi Gempa Susulan di Cianjur

Bangunan di Pasar dan Perkantoran Ambruk Timpa Mobil, Waspada Potensi Gempa Susulan di Cianjur

Tangkapan layar video warga menunjukkan kerusakan akibat gempa Cianjur, Senin 21 November 2022.-Foto: dok/sumeks.co-

CIANJUR, SUMEKS.CO - Gempa bumi yang baru saja terjadi di Jakarta dan sekitarnya, berpusat di 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Wajib untuk diwaspadai, meskipun tidak berpotensi tsunami, BMKG dalam siaran resminya menyebutkan masih adanya potensi terjadi gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi" tulis BMKG.

Belum diperoleh informasi apakah gempa bumi Magnitudo 5.6 SR ini menimbulkan korban jiwa. Hanya dari informasi diperoleh dan video yang beredar, gempa mengakibatkan kerusakan terhadap sejumlah bangunan di pasar hingga perkantoran. Bangunan yang roboh menimpa sejumlah kendaraan seperti motor dan mobil. Warga pun berhamburan mencari tempat terbuka. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa 5,6 SR di Cianjur Terasa Hingga Jakarta

Gempa pada 21 November 2022 sekitar pukul 13:21 WIB terasa cukup kencang bukan hanya di Cianjur. DKI Jakarta, Bogor, Kerawang Bekasi dan lainnya turut merasakan panik lantaran guncangan gempa yang cukup besar.

Tips Ketika Terjadi Gempa

Karena gempa bumi merupakan bencana alam yang sangat berbahaya, maka kita perlu mengerti dan memahami apa yang seharusnya dilakukan ketika terjadi bencana gempa bumi. Beberapa hal yang harus kita perhatikan dan lakukan ketika terjadi gempa bumi.

1. Saat terjadi gempa bumi hendaknya kita tetap berhati-hati dan tetap tenang agar tidak menimbulkan kepanikan pada yang lain.

2. Ketika berada di dalam ruangan, hindari reruntuhan dan retakan bangunan dengan berlindung di bawah meja, di sudut ruangan, atau tempat yang cukup aman. Kita juga bisa melindungi kepala dengan bantal, tas, buku, atau benda-benda aman di sekitar kita. Jangan berlari ke luar gedung ketika keadaan tidak memungkinkan.

3. Ketika berada di luar ruangan, hindari bangunan di sekitar seperti Gedung, tiang listrik, atau pohon. Perhatikan tempat berpijak, segera menghindar apabila terjadi rekahan tanah.

4. Ketika berada di dalam kendaraan, berpeganglah erat pada tiang atau apapun sehingga tidak jatuh ketika kendaraan berhenti mendadak. Ketika kendaraan sudah berhenti, segera keluar dan menjauh untuk menghindari pergeseran atau kebakaran. Jangan berada di jembatan karena sangat berpotensi untuk runtuh.

5. Ketika berada di pusat keramaian seperti mall, bioskop, hotel atau lainnya, jangan menimbulkan kepanikan dan ikuti semua petunjuk pegawai atau satpam. Selain itu, jangan menggunakan lift karena dikhawatirkan terjadi gangguan listrik yang akan menyebabkan lift tidak berfungsi. Gunakan tangga biasa untuk menggantikan lift. Apabila hendak menggunakan tangga, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

-Tetap berpegangan pada tangga ketika turun

-Jangan berlari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: