Gempa Bumi Magnitudo 7,5 Hempaskan Taiwan, Bagaimana Indonesia Kenakah? Ini Kata BMKG

Gempa Bumi Magnitudo 7,5 Hempaskan Taiwan, Bagaimana Indonesia Kenakah? Ini Kata BMKG

Gempa bumi di Taiwan berpotensi tsunami-TVBS Via AP-

SUMEKS.CO – Telah terjadi gempa bumii di Taiwan berkekuatan Magnitudo 7,5 yang mengguncang wilayah laut dan menyebabkan banyak bangunan besar runtuh bahkan juga berpengaruh ke beberapa negara seperti Jepang dan Fhilipina. Bagaimana dengan Indonesia, kenakah? 

Gempa bumi yang terjadi berpusat di Kota Hualien Taiwan ini pun turut menyebabkan pemerintah Jepang hingga Filipina mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa pertama kali dilaporkan oleh lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dimana menyebut gempa tersebut berkekuatan 7,4 skala richter.


Dampak gempa bumi di Taiwan, bangunan miring dan runtuh-TVBS Via AP-

Gempa yang memiliki kedalaman 34,8 km dimana sementara menurut data dari Badan Meteorologi Jepang menyebutkan kekuatan gempa adalah M 7,5 dan menurut laporan Badan Pemantau Gempa Taiwan menyebut kekuatan gempa adalah magnitudo 7,2.

BACA JUGA:Rilis BMKG Tentang Cuaca Sumsel Hari Ini, 1 April 2024, Tiga Daerah Berpotensi Hujan Petir

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sumatera Selatan Hari Ini

Gempa Taiwan tersebut memicu peringatan terjadinya tsunami bahkan Badan Meteorologi Jepang sempat memperingatkan akan adanya tsunami .

Dalam keterangan tersebut diperkirakan akan ada gelombang tsunami setinggi tiga meter melanda pulau-pulau terpencil Jepang di dekat Taiwan, termasuk pulau Miyakojima.

Pemerintah Filipina pun juga turut mengeluarkan peringatan tsunami dan menyerukan evakuasi di wilayah pesisir dan peringatan ini dikeluarkan setelah gempa 7,5 M mengguncang Taiwan.

Masyarakat di wilayah pesisir provinsi-provinsi  sangat disarankan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau pindah lebih jauh ke daratan.

BACA JUGA:Prakiraan BMKG: Enam Daerah di Sumsel Hujan Disertai Petir dan Kilat Siang Nanti

BACA JUGA:BMKG Warning Ada Ancaman Serius Perubahan Iklim, Berpotensi Gagal Panen Jutaan Ton

Dampak gempa Taiwan hari ini menyebabkan bangunan-bangunan roboh bahkan terlihat di beberapa sosial media bangunan berlantai 5 di Kota Hualien tampak rusak berat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: