6 Kebiasaan Ini Mencuri Energi Kita Setiap Hari dan Solusi Mengatasinya

6 Kebiasaan Ini Mencuri Energi Kita Setiap Hari dan Solusi Mengatasinya

ilustrasi.-dokter sehat-

SUMEKS.CO – Pernah merasakan lelah yang sangat melelahkan padahal kita merasa tidak pernah mengerjakan sesuatu yang berat? Mungkin anda termasuk orang-orang yang sudah melakukan ‘Sabotase Energi’. 

Tanpa kita sadari, kita sering kali menyabotase energi kita sendiri dengan melakukan berbagai kebiasaan buruk. Parahnya kita tidak menyadari kalau kebiasaan itu tidak baik dan bisa mencuri energi diri.

Walaupun sudah memiliki tujuan dan rencana besar yang akan dilakukan setiap hari, percuma kalau kita tidak punya energy yang cukup untuk mengejarnya.

Dikutip dari akun instagram Komunitas Pengembangan Diri Untuk Jadi Lebih Baik, @animolife, berikut ini kebiasaan yang kerap kita lakukan dan tanpa disadari telah mencuri energi kita setiap hari. Juga solusi untuk mengatasinya.

1. Rutinitas Tidur yang Kacau

Banyak orang berpikir bahwa hal produktif sama dengan kerja terus sampai mengorbankan kualitas tidur. Salah besar. Kalau kita kurang tidur, performa kerja juga akan buruk. Ayo cobain, matikan dan jauhkan gadget 2 jam sebelum tidur.

2. Scrolling di Pagi Hari

Ini adalah cara termudah untuk menghancurkan energi kita di pagi hari. Apa yang kita lakukan saat bangun tidur, akan menentukan level energi kita seharian. Cobain deh, jangan main gadget 1 jam setelah kita bangun tidur.

3. Makan Makanan yang Salah

Pola makan kita juga sangatlah memperngaruhi tingkat produktivitas kita sepanjang hari. Makanan berproses butuh energi yang banyak untuk dicerna oleh tubuh.  Nah kita bisa mencoba biasakan konsumsi Whole Food. Yang dimaksud dengan makanan utuh atau "whole foods" adalah makanan yang berasal dari bahan pangan alami yang mengandung semua bagian yang dapat dimakan dan tidak mengalami pembuangan atau pengurangan dari bagian yang dapat dimakan itu. Makanan utuh tidak mengalami proses teknologi pemurnian atau refining process.

4. Malas Bergerak

Capeknya mageran, lemes dan gak ada motivasi. Capeknya olahraga, tubuh rileks dan energi tinggi. Keduanya sama-sama capek, tapi beda capeknya. Gak perlu yang rumit, jalan 20 menit sehari juga sudah baik untuk pemulihan energi tubuh.

5. Mengeluh

Ngerjain pekerjaan sambil mengeluh akan memakan energi 2 kali lipat dari yang seharusnya dibutuhkan. Solusinya, coba ketika kita pengen mengeluh, cari satu hal positif untuk disyukuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: