Cegah Stunting, Atur Jarak Kelahiran Anak

Cegah Stunting, Atur Jarak Kelahiran Anak

Anggota DPR RI Irma Chaniago melakukan sosialisasi pencegahan stunting di Kabupaten Muara Enim. -Foto doksumeks.co-

LUBUK AMPELAS, SUMEKS.CO - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI bersama anggota komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago menyambangi Desa Lubuk Ampelas, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Kamis (6/10).

Kedatangan mereka, tak lain untuk memberikan sosialisasi pencegahan stunting berikut sosialisasi kesehatan bagi pasangan usia subur dan seluruh warga yang hadir. Tak ketinggalan, warga beruntung juga diberikan hadiah doorprize dari Irma Suryani Chaniago.

Irma Suryani mengatakan kota Ibu hamil harus diperhatikan kesehatannya seperti makan-makanan bergizi. "Ada susu, telur, sayuran, tahu, tempe, daging dan ayam," ujarnya.

Selain itu, Ibu hamil juga harus diperiksakan ke Puskesmas supaya tumbuh kembang janin bisa diketahui. Pun juga harus meningkatkan kebersihan dan pola asuh yang baik.

Kabid Adpin BKKBN Provinsi Sumsel, Evi Silviani menerangkan, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bertugas untuk mengurus permasalahan KB, jumlah kependudukan dan segala macam dan sekarang juga bertanggung jawab untuk percepatan penurunan stunting. 

"Jadi kalau KB itu gunanya untuk mengendalikan jumlah penduduk. Tujuannya untuk mengatur jarak kelahiran anak salah satunya untuk mengatur kelahiran tersebut menggunakan alat kontrasepsi," jelasnya.

Adapun macam macam kb seperti spiral, suntik, pil, susuk, kondom, vasektomi dan medis operasi pria (MOP) sehingga bisa steril.

DPRD Muara Enim, Azi Rahman yang hadir dalam kegiatan itu mengimbau kepada seluruh warga yang hadir untuk mencermati apa yang disampaikan.

"Saya juga mengucapkan selamat datang kepada Ibu Irma Chaniago. Ini adalah hal yang langka anggota DPR RI bisa duduk bersama kita," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: