Pekan Kebudayaan Daerah, Jalur Alternatif Melestarikan Seni-Budaya Lokal

Pekan Kebudayaan Daerah, Jalur Alternatif Melestarikan Seni-Budaya Lokal

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti membuka Festival Lan Serasan Sekantenan, Rabu, 21 September 2022.-Khalid-

MUSI RAWAS, SUMEKS.CO - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Musi Rawas, kembali menggelar Pekan Kebudayaan Daerah Musi Rawas, Festival Lan Serasan Sekantenan.

Pekan Kebudayaan tahun 2022, yang digelar di halaman kantor Disbudpar Musi Rawas itu mengusung tema pelestarian kebudayaan daerah Musi Rawas (kearifan budaya lokal).

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti mengatakan menyambut baik pekan kebudayaan daerah. Menurutnya  pekan kebudayaan daerah menjadi ajang tegur sapa oleh pemerinta Musi Rawas kepada pegiat seni dan budaya di Musi Rawas. 

"Ini juga salah satu alternatif untuk pelestarian seni dan budaya yang ada di daerah Musi Rawas, yang beraneka ragam ini," kata Hj Suwarti saat membuka secara resmi  Pekan Kebudayaan Daerah Musi Rawas, Festival Lan Serasan Sekantenan, Rabu (21/9). 

BACA JUGA:Kabar Duka, Staf Ahli Bupati Musi Rawas Ismun Yahya Mengalami Kecelakaan

Dia mengatkan Musi Rawas ada 14 kecamatan, setiap kecamatan itu mempunyai kearifan lokal sendiri-sendiri. Dalam ajang inilah setiap kecamatan akan menampilkan seni-budaya masing-masing. 

"Ini diharapkan untuk melestarikan dalam artian setiap budaya, seni lokal tradisional akan diteruskan oleh generasi berikut. Lebih mencintai seni budaya daerah," pungkasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Musi Rawas, Joko mengatakan selain ada penampilan seni dan kebudayaan, juga ada lomba-lomba dari setiap perwakilan kecamatan. 

"Ada lomba paduan suara 10 grup,  teater 14 group dan lomba nyanyi ada 42 lagu daerah," katanya singkat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: