Effendi Simbolon Sebut TNI Seperti Gerombolan, Praktisi Intelijen Berang, GMPPK Bakal Lapor ke MKD

Effendi Simbolon Sebut TNI Seperti Gerombolan, Praktisi Intelijen Berang, GMPPK Bakal Lapor ke MKD

Effendi Simbolon bakal dilaporkan ke MKD terkait ucapannya yang menyebut TNI seperti gerombolan.-Foto: Ricardo/Jpnn.com-

SUMEKS.CO - Ucapan Effendi Simbolon menyebut TNI seperti gerombolan dan menilai militer di Indonesia seperti ormas menuai kecaman dari berbagi pihak. 

Effendi mengatakan itu menyusul temuannya tentang isu disharmoni antara Andika dengan Dudung. Dia menganggap ada ketidakpatuhan dalam narasi disharmoni tersebut, lalu berbicara tentang keributan. 

"Ini TNI seperti gerombolan. Lebih-lebih ormas. Jadinya tidak ada kepatuhan," ujar Effendi dalam RDP di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 5 September 2022 lalu.

Atas ucapannya yang ramai diperbincangkan, Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon akan dilaporkan atas dugaan pelanggaran etik ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di Kompleks Parlemen, Senayan.

BACA JUGA:Dandim 0402/OKI Tidak Terima Disebut Gerombolan

Laporan itu akan dikirim oleh Ketua Umum (Ketum) DPP Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Penegak Keadilan (GMPPK) Bernard D Namang. 

"Akan melaporkan Saudara Effendi Simbolon ke MKD," ucap Bernard dilansir dari JPNN.com, Selasa 13 September 2022. 

Bernard menuturkan, pernyataan Effendi jelas keliru karena TNI ialah alat negara yang memiliki struktur dan tugas pokok yang diatur undang-undang. 

"Jadi, menyamakan TNI dengan gerombolan, bahkan lebih lebih dari ormas ini sangat mencederai TNI," ungkap Bernard. Bernard menduga Effendi melanggar Kode Etik Bab II Bagian Kesatu Kepentingan Umum Pasal 2 Ayat 4 juncto Bagian Kedua Integritas Pasal 3 Ayat 1 dan 4 serta Pasal 4 Ayat 1 juncto Pasal 9 Ayat 2.

BACA JUGA:Keluarga Besar TNI Minta Effendi Simbolon Minta Maaf

Sementara itu, Praktisi Intelijen Fauka Noor Farid angkat suara soal ucapan Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti segerombolan preman. 

Fauka menilai ucapan tersebut tak seharusnya keluar dari mulut Effendi Simbolon, mengingat dia merupakan Anggota DPR RI

"Seharusnya dia tidak boleh bicara seperti itu di depan forum rapat. Tidak pantas seorang Anggota DPR RI bicara seperti itu," katanya, saat dihubungi JPNN.com, Selasa 13 September 2022.

Ucapan Effendi Simbolon itu juga membuat Fauka Noor Farid geram. "Yang dia sebut itu institusi TNI, bukan personalnya. Mungkin kalau dia sebut orangnya kami tidak akan marah, karena yang dia sebut institusi TNI ya jelas kami marah," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com