Kuasa Hukum Sebut Brigadir J Bukan Baku Tembak dengan Bharada E, Lalu?

Kuasa Hukum Sebut Brigadir J Bukan Baku Tembak dengan Bharada E, Lalu?

SUMEKS.CO - Kuasa hukum keluarga Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyebutkan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E hanya sebagai tumbal.

Bharada E adalah sosok yang diduga terlibat dalam baku tembak antar polisi yang mnewaskan Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kamaruddin menduga tewasnya Brigadir J merupakan pembunuhan berencana, bukan baku tembak dengan Bharada E.

"Kalau saya mengatakan bukan baku tembak tapi pembunuhan berencana," ucap Kamaruddin di Bareskrim Polri, Jakarta pada Selasa (2/8/2022).

BACA JUGA:Brigadir J Tertembak, Pakaian Pasti Bolong

Kamaruddin juga menyebutkan Bharada E hanyalah tumbal saja. "Iya (Bharada E diduga tumbal saja)," katanya.

Selain itu, Kamaruddin juga menduga Brigadir J bukan ditembak oleh Bharada E, Ia menduga ada pihak lain yang menembak.

"Ada dong (pihak lain yang menembak Brigadir J), yang jelas ketika pra rekontrksi itu Bharada E hanya di atas, dia tidak turun ke bawah menembak ke belakang," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan hasil autopsi ulang, luka di tubuh Brigadir J seperti hasil penganiayaan atau pembunuhan berencana.

BACA JUGA:Komnas HAM Temukan Fakta Kejadian di Magelang Sebelum Brigadir J Tewas

"Contoh ada tembak di belakang kepala, mereka buat kemarin, 'oh iya setelah dia terkelungkup, saya tembak lagi untuk memastikan supaya mati, berarti terencana pembunuhan itu. Sedangkan polisi itu bukan membunuh tapi melumpuhkan. Bukan membunuh tapi melumpuhkan," imbuhnya.

Kamaruddin, mengukapkan ketika dokter forensik meraba-raba bagian rambutnya Brigadir J oleh dokter forensik, ternyata di situ ada lobang. Setelah disondek (ditusuk) lubang itu tembus ke mata dan hidung.

"Diduga bahwa almarhum Brigadir Yoshua ditembak dari belakang kepala sehingga jebol sampai ke hidung depan. Tembak garis lurus. Karena datar dia dari lubang belakang kepala ke lobang hidung depan," ucap Kamaruddin di kanal Youtube Hendro Fierleso pada Kamis 28 Juli 2022.

BACA JUGA:Kabar Otak Brigadir Joshua Mengapa Bisa Sampai Pindah ke Perut? Begini Jawaban Komnas HAM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id