Dua Jenazah Ditemukan Dalam Galian Sumur Ilegal

Dua Jenazah Ditemukan Dalam Galian Sumur Ilegal

EVAKUASI : Tim Rescue berhasi mengevakuasi korban yang tenggelam dalam eks sumur minyak di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul.-Ozy-

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH, menegaskan eks sumur minyak yang beradab di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, harus ditutup oleh pihak pertamina. Soalnya selain ilegal juga menimbulkan korban jiwa.

“Puas (Berhasil ditemukan, red) walaupun agak terlambat. Tapi yang jelas kita (Pemkab Muara Enim) telah berupaya dari awal. Alhamdulilah kedua korban berhasil didapatkan,” ujar Riswandar saat meninjau kedua jenazah korban di RSUD dr HM Rabaian Muara Enim, Selasa (5/7).

Terkait eks sumur minyak tersebut, kata dia, Pemkab Muara Enim akan berkoordinasi dengan pihak pertamina dan disampaikan ke Provinsi sampai dan akan disampaikan pemerintah pusat. 

“Siapa yang bertanggungjawan tentang itu. Apakah pemerintah daerah atau pemerintah pusat yang bertanggungjawab. Kalu bahasa saya otonomi itu rohnya dipusat mayatnya dibawah,” tegasnya.

Artinya, paling tidak harus disikapi secara arif dan bijak tempat-tempat terlarang. Untuk itu penutupan sumur tersebut, kata dia,  harus dilakukan oleh pihak yang berwenang dalam hal ini pertamina yang akan melakukan penutupan eks sumur minyak tersebut. 

“Pertamina punya titik kordinat, tentunya keterbatasan pemerintah daerah tidak bisa melakukan itu. Oleh sebab itu, kita akan koordinasi dengan pertamina berapa titik sumur yang harus diawasi, harus kita pantau sehingga kejadian ini tidak terjadi lagi kedepan. Untuk itu, kita upayakan dalam minggu ini akan rapat khusus dalam penanggulangan,” terangnya. (ozi)  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: