Pulang Lawatan, Jokowi Langsung Melayat ke Rumah Tjahjo Kumolo

Pulang Lawatan, Jokowi Langsung Melayat ke Rumah Tjahjo Kumolo

Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo, Sabtu (2/7). foto: antara--

SUMEKS.CO, JAKARTA - Usai melakukan lawatan ke luar negeri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Tanah Air. 

Karena itu, Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo langsung menyempatkan waktu bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo di kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7).

Jokowi dan Iriana tiba pukul 07.22 WIB dan disambut oleh istri almarhum, Erni Guntarti, beserta anak-anaknya, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto. Presiden dan Iriana kemudian berbincang dengan keluarga almarhum. Setelah berbincang sekaligus mendoakan almarhum, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berpamitan dan meninggalkan rumah duka.

Presiden Jokowi mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Kepala Negara, Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati. "Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa, dan negara," kata Presiden saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7) malam.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat bertakziah, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beserta Endang Nugrahani. Menpan RB Tjahjo Kumolo berpulang pada hari Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB di Jakarta.

Sebelum kabar duka datang, almarhum dirawat di RS Abdi Waluyo sejak 20 Juni 2022 dan kondisinya sempat membaik.

Tjahjo telah dimakamkan pada Jumat sore secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (ant/dom/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: