Menteri PU Dorong Percepatan Penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera Tahap II Palembang-Betung

Menteri PU Dorong Percepatan Penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera Tahap II Palembang-Betung

Menteri PU, Ir Dody Hanggodo, saat melakukan peninjauan progres pembangunan Jalan Tol Palembang-Betung. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menteri Pekerjaan Umum (PU), Ir Dody Hanggodo, memberikan apresiasi kepada PT Hutama Karya (Persero), atas kemajuan signifikan dalam pembangunan Jalan Tol Palembang-Betung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II, dengan progres konstruksi mencapai 56,15 persen. 

Dalam kunjungan kerjanya pada Jumat, 2 Mei 2025, Menteri PU meninjau langsung berbagai aspek pembangunan, termasuk Jembatan Musi V dan area Pompa Bendung yang menjadi komponen penting dari Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut. 

"Kami selalu mendukung Hutama Karya dalam menyelesaikan proyek ini. Saya mungkin akan sering memantau langsung ke sini agar penyelesaian ruas Palembang-Betung berjalan sesuai target dan segera memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujarnya saat peninjauan. 

Pelaksanaan konstruksi Jalan Tol Palembang-Betung, terdiri atas tiga seksi utama dengan total panjang 69,19 kilometer. 

BACA JUGA:Korsleting, Mobil Angkut Paket Ludes Terbakar di Jalintim Palembang-Betung, Segini Jumlah Kerugian

BACA JUGA:Tol Palembang-Betung Ruas Musi Landas-Pangkalan Balai Kembali Ditutup Mulai Besok, Hari Ini Terakhir Dilalui

Hingga akhir April 2025, progres konstruksi Seksi 1 Palembang–Rengas dan Seksi 2 Rengas–Pangkalan Balai sepanjang 54,5 km telah mencapai 70,69 persen. 

Adapun progres konstruksi Seksi 3 Pangkalan Balai-Betung sepanjang 14,69 km sebesar 12,69 persen. 

Pekerjaan utama yang telah rampung meliputi pembangunan jalan utama sepanjang 34,7 km, 1 buah Simpang Susun, Jembatan Kramasan dengan panjang 1,15 km, dan jembatan pendekat Jembatan Musi V dengan panjang 1,08 km.  

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menjelaskan, jalan tol ini dirancang dengan standar kualitas tinggi, memiliki dua jalur dengan kecepatan rencana 100 km/jam, serta dilengkapi fasilitas penunjang seperti area istirahat untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna jalan. 

BACA JUGA:Tol Palembang-Betung Terapkan Skema One Way di Arus Balik Lebaran 2025, Hanya untuk Kendaraan dari Arah Jambi

BACA JUGA:Dibuka Fungsional Mulai 24 Maret 2025, Tol Palembang-Betung Banyuasin Satu Jalur

Selain itu, pembangunan infrastruktur pendukung seperti simpang susun, overpass, dan underpass juga terus dikebut untuk memastikan konektivitas antarwilayah berjalan optimal. 

"Pembangunan jalan tol ini akan memberikan tiga manfaat utama: memangkas waktu tempuh Palembang-Betung secara signifikan dari sekitar tiga jam menjadi satu jam, meningkatkan efisiensi distribusi logistik yang berdampak pada penurunan biaya transportasi, serta memacu pertumbuhan ekonomi wilayah dan pemerataan pembangunan di Sumatera Selatan," jelas Adjib. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait