Hidupkan 3 Wisata Heritage di BKB, Pemkot Palembang Gandeng Seniman dan Sejarawan

Hidupkan 3 Wisata Heritage di BKB, Pemkot Palembang Gandeng Seniman dan Sejarawan

Penjabat Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta menjelaskan rencana revitalisasi Benteng Kuto Besak untuk menjadi destinasi wisata heritage, melibatkan seniman dan sejarawan dalam rapat di kantor Wali Kota, Selasa 24 September 2024.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota Palembang sedang merencanakan untuk menghidupkan kembali destinasi wisata heritage di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) sebagai bagian dari upaya mempromosikan warisan budaya dan seni kota ini.

Dalam rapat review yang digelar di lantai 8 Kantor Wali Kota Palembang pada Selasa 24 September 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang, Ucok Abdulrauf Damenta, menyampaikan rencana ambisius tersebut yang mencakup revitalisasi tiga titik penting di area BKB.

"Yang ingin kita hidupkan, yakni Lawang Borotan, Gedung Kesenian, dan Balai Prajurit. Ini akan saling kita koneksikan," ujar Damenta.

Ia menekankan bahwa ketiga lokasi ini memiliki potensi besar untuk dijadikan pusat wisata budaya yang saling terintegrasi.

BACA JUGA:Abuy Zyad Sampaikan Duka Buat Rakyat Lebanon, Masih Berharap Semoga Arab Menjadi ‘Satu Tangan’ Melawan Zionis

BACA JUGA:Heboh! Dedi Mulyadi Jika Terpilih Jabar 1 Akan Berantas Semua Patung di Jawa Barat Hingga Tak Tersisa Satupun

Langkah ini diambil dengan tujuan untuk menghidupkan kembali kawasan bersejarah BKB agar bisa menjadi daya tarik wisata bagi warga lokal dan wisatawan luar kota.

Damenta juga mengungkapkan bahwa ide ini terinspirasi dari model Yogya Art di Yogyakarta, yang berhasil memadukan seni, festival, pameran, dan pasar seni sebagai bagian dari daya tarik wisata.

"Di Yogya Art, pengunjung bisa menikmati pameran seni, festival, maupun pasar seni dan beragam atraksi menarik lainnya," tambahnya.

Menurutnya, Palembang memiliki kekayaan destinasi wisata yang besar, namun perlu dilakukan secara bertahap untuk memastikan pengembangan yang efektif.


Pemkot Palembang mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan pelaku seni, budayawan, serta sejarawan untuk menyusun konsep pariwisata yang terintegrasi.--

BACA JUGA:Meriahkan Nuzulul Quran 1445 Hijriah, Pemdes Seritanjung Ogan Ilir Gelar Karnaval

BACA JUGA:Samsung Luncurkan Hp Terbaru Galaxy M55s, Cek Spesifikasi Lengkap Disini!

"Palembang ini kaya destinasi wisata. Tapi, kita bertahap dulu. Dimulai dari tiga ini dulu," kata Damenta dengan optimis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: