Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Apresiasi Inovasi Pelayanan Paspor Drive Thru Kantor Imigrasi Palembang

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Apresiasi Inovasi Pelayanan Paspor Drive Thru Kantor Imigrasi Palembang

Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, mengapresiasi inovasi layanan paspor drive-thru 'Si Ampera Bertanjak' di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang saat kunjungannya pada 15 September 2024. Inovasi ini memudahkan masyarakat untuk mengambil paspor tan--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Silmy Karim, memberikan apresiasi terhadap inovasi layanan yang sedang dikembangkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang.

Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah pengembangan layanan paspor berbasis drive-thru yang diberi nama "Si Ampera Bertanjak", sebuah sistem yang memungkinkan masyarakat untuk mengambil paspor dengan cepat tanpa harus turun dari kendaraan.

Dalam kunjungan resminya ke Kantor Imigrasi Palembang pada Minggu, 15 September 2024, Silmy Karim menyatakan bahwa kondisi gedung dan pelayanan yang ada di Palembang sudah cukup baik.

Ia juga mengungkapkan dukungan penuh dari pemerintah pusat untuk pengembangan inovasi layanan keimigrasian, termasuk layanan "Si Ampera Bertanjak".

BACA JUGA: Jajaran Pegawai Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Diskusi Publik Strategi Kebijakan Rehabilitasi Narkotika

BACA JUGA:Polisi Ungkap Kasus Pembunuhan Pria yang Ditemukan Tanpa Busana di Kalidoni, Pelaku Ternyata Ipar Korban

"Saya melihat kondisi gedung dan pelayanan paspor serta layanan keimigrasian lainnya di Palembang sudah cukup baik. Inovasi layanan drive-thru ini dan inovasi lainnya akan selalu didukung dari pusat," ujar Silmy Karim.

Dirjen Imigrasi menegaskan bahwa setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau satuan kerja keimigrasian di seluruh daerah harus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, pengembangan pelayanan yang berbasis teknologi dan disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat akan semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen keimigrasian, seperti paspor.

Layanan drive-thru "Si Ampera Bertanjak", yang merupakan singkatan dari "Sistem Imigrasi Ambil Paspor Segera Tanpa Beranjak", diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya dalam proses pengurusan paspor.

BACA JUGA:Uang Tabungan Anggota KUD Marga Mulya OKI Diduga Digelapkan, Kasusnya Ditangani Polisi

BACA JUGA:Diskominfo Palembang dan PRSSNI Sumsel Jalin Kolaborasi untuk Memajukan Penyiaran Lokal

Dengan adanya layanan ini, masyarakat tidak perlu lagi mengantri lama di kantor imigrasi, karena proses pengambilan paspor bisa dilakukan langsung dari kendaraan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumatera Selatan, Ilham Djaya, yang turut mendampingi kunjungan Dirjen Imigrasi, menyatakan bahwa pihaknya selalu memotivasi para pejabat dan pegawai di Kantor Imigrasi Palembang serta Kantor Imigrasi lainnya di Sumatera Selatan untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: