Bappeda OKI Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi 'SEPEDA OKI' Ini Manfaatnya!

Bappeda OKI Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi 'SEPEDA OKI' Ini Manfaatnya!

Bappeda OKI sosialisasi dan bimtek Aplikasi "SEPEDA OKI" manfaatnya. Foto : Niskiah/Sumeks.Co--

"Jadi jelas adanya aplikasi ini memberikan kemudahan bagi aparatur internal OPD dalam mengakses output kegiatan. Yakni dokumen atau laporan," terang Dikko di hadapan para perserta. 

Masih kata dia, ini juga bagi instansi pengawas daerah yaitu inspektorat dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi karena memberikan akses dalam memantau kinerj OPD. 


Kegiatan sosialisasi dan bimtek SEPEDA OKI ini dibuka langsung oleh Kepala Bappeda OKI, Aidil Azwari SP MSi. --

Dikatakan, aplikasi ini didukung dengan penggunaan teknologi informasi yang tersistem dan terintegrasi. Strategi transformasi digital. Ini adalah suatu inovasi yang dapat berguna baik bagi internal maupun eksternal organisasi Bappeda. 

BACA JUGA:Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Kekayaan Intelektual di Lubuklinggau

BACA JUGA:Kejari OKI Sosialisasi Kampanye Anti Korupsi ke Aparatur Sipil Negara

"Aplikasi ini dikhususkan pada bidang perekonomian dan sumber daya alam. Untuk lingkup integrasi proses perencanaan, monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan tahunan atau RKPD/Renja PD," paparnya. 

Diterangkan, adapun cakupan OPD sasaran yaitu sebanyak 9 OPD counterpart bidang PSDA yaitu BPKAD, BPPD, DPM PTSP. Lalu adanya dinas koperasi, UMKM dan Perindustrian. 

Termasuk dinas perdagangan, DKPTPH, Disbunnak, dinas perikanan dan dinas Kebudayaan dan pariwisata. 

Menurut Dikko melalui aplikasi SEPEDA OKI menjadi keberlanjutan. Baik jangka menengah maupun jangka panjang. Pada jangka menengah yaitu menguatkan perubahan dengan memantapkan budaya kerja organisasi Bappeda termasuk OPD. 

BACA JUGA:Pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Sosialisasi Kode Etik dan Kode Perilaku ASN Kemenkumham

BACA JUGA:KPU Kabupaten Musi Rawas Gencarkan Sosialisasi Pilkada 2024 di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti

Termasuk menyiapkan konsep pemanfaatan dan penggunaan database strategis sektor perekonomian dan sumber daya akan bagi OPD bidang PSDA. 

"Di jangka panjang adalah memperluas penggunaan sistem integrasi digital perencanaan, monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan ke seluruh OPD," jelasnya. 

Dikko mengatakan, adanya aplikasi ini sehingga tahapan monitoring, evaluasi dilakukan dengan cara digitalisasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: