Personel Gabungan Lakukan Mopping Up Karhutla di Desa Simpang Tiga Tulung Selapan OKI

Personel Gabungan Lakukan Mopping Up Karhutla di Desa Simpang Tiga Tulung Selapan OKI

Karhutla di Desa Simpang Tiga Tulung Selapan OKI hari ini Mopping Up. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), saat ini dilakukan Mopping up atau pemadaman sisa bara api. 

Mopping up dilakukan oleh personel gabungan yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, BKO Polda Sumsel, BPBD, masyarakat peduli api serta regu pemadam kebakaran (RPK) perusahaan. 

Dimana mopping up yang dilakukan hari ini Sabtu 7 September 2024, yaitu memadamkan sisa-sisa bara api yang masih ada di dalam tanah maupun kayu-kayu. 

Adapun karhutla yang terjadi di Desa Simpang Tiga Kecamatan Tulung Selapan ini sudah berlangsung selama 3 hari. Pemadaman oleh personel gabungan dilakukan sejak hari pertama dengan berjibaku bersama-sama.

BACA JUGA:Sekda Sumsel Edward Candra Ajak Satgas Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Karhutla

BACA JUGA:Pemadaman Karhutla Gambut di Desa Simpang Tiga Tulung Selapan OKI Masih Dilanjutkan

Kepala Manggala Agni Sumatera Daops XVII/OKI, Edi Satriawan SP menjelaskan, mopping up dilakukan hari ini agar api yang masih ada benar-benar padam. Sehingga api tidak menjalar dan kembali terbakar. 

"Untuk mopping up di lokasi karhutla Desa Simpang Tiga ini, kita tidak ada target. Kalau asap masih ada maka mopping up masih dilakukan," jelas Edi, saat dikonfirmasi SUMEKS.CO, Sabtu 7 September 2024.

Diungkapkan Edi, untuk mopping up biasanya dilakukan 2 hari hingga lebih. Ini untuk lokasi karhutla nya luas. Tetapi berharap hari ini mopping bisa selesai. 

"Jadi mopping up terus dilakukan hingga benar-benar padam dan tidak tersisa bara api. Sehingga tidak ada target berapa hari mopping up," terangnya. 

BACA JUGA:Antisipasi Musim Kemarau, Pj. Bupati Banyuasin Siapkan Strategi Pengendalian Karhutla

BACA JUGA:Bantu Penanggulangan Karhutla, 2 Perusahaan di OKI Berikan Peralatan ke Polres

Diberitakan sebelumnya, personel gabungan baik Manggala Agni, Polri, TNI, BKO Polda, regu pemadam perusahaan (RPK) masih berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Yakni karhutla lahan gambut di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Dimana karhutla ini terjadi sudah 3 hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: