Bangun Ribuan Unit Jamban Sehat, Muara Enim Pimpin Pencapaian SBS Sumsel 2024

Bangun Ribuan Unit Jamban Sehat, Muara Enim Pimpin Pencapaian SBS Sumsel 2024

PAPARAN : Sekretaris Daerah Ir Yulius MSi memaparkan strategi dan upaya pencapaian SBS Kabupaten Muara Enim Tahun 2024.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam upaya mewujudkan sanitasi yang baik dan pola hidup sehat serta mendukung Pencapaian 100 persen Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten MUARA ENIM telah berhasil membangun ribuan unit jamban sehat di seluruh wilayah Bumi Serasan Sekundang.

Langkah ini dilakukan sebagai komitmen kuat Kabupaten Muara Enim dalam mendukung pencapaian target sanitasi dan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. Yulius, M.Si, menyampaikan hal ini pada Forum Dialog dan Penandatanganan Komitmen Percepatan Pencapaian SBS yang digelar di Griya Agung, Palembang, pada Kamis, 5 September 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, S.H., M.S.E., serta perwakilan kepala daerah dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Bupati Ogan Ilir Terima Tanda Jasa dan Kehormatan Bhakti Koperasi Tahun 2024

BACA JUGA:Gema Yasin dan Tahlil Rutin Dilaksanakan di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti

Dalam forum tersebut, Sekda Yulius menjelaskan bahwa berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim hingga bulan September 2024, capaian akses masyarakat terhadap penggunaan jamban sehat telah mencapai angka yang cukup signifikan, yakni 97,71 persen.

"Ini adalah sebuah prestasi besar bagi kami di Kabupaten Muara Enim, dan tentu kami tidak berhenti di sini. Kami akan terus berupaya keras untuk mencapai target 100 persen pada tahun 2025 mendatang," ujar Yulius.

Lebih lanjut, Sekda Yulius menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muara Enim telah berhasil membangun sebanyak 1.556 unit jamban sehat melalui anggaran yang dialokasikan dari APBD.

Pembangunan ini merupakan bagian dari strategi besar pemerintah daerah dalam mempercepat pencapaian target SBS di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Perpustakaan Universitas Bina Darma Raih Akreditasi Unggul dari Perpustakaan Nasional RI

BACA JUGA:Terdakwa Korupsi Jargas PT SP2J Ahmad Novan Cs Melawan, Sebut Dakwaan Jaksa Error In Persona

Selain upaya pembangunan fisik jamban, Sekda Yulius juga memaparkan berbagai program inovasi yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Muara Enim untuk mendukung percepatan program SBS.

Salah satunya adalah gerakan pembangunan kolaboratif melalui Corporate Social Responsibility (CSR) tematik yang melibatkan berbagai pihak, termasuk sektor swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: