Petugas P2U Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gagalkan Penyelundupan HP, Wujudkan Komitmen Zero HALINAR

Petugas P2U Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gagalkan Penyelundupan HP, Wujudkan Komitmen Zero HALINAR

Ketelitian petugas dalam pemeriksaan menjadi bukti komitmen lapas dalam memberantas HALINAR (Handphone, Pungli, dan Narkoba) demi keamanan dan ketertiban.--

MUARA BELITI, SUMEKS.COLapas Narkotika Kelas IIA MUARA BELITI kembali membuktikan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan handphone (HP) yang dibawa oleh salah satu keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Aksi ini terjadi pada Selasa, 8 Oktober 2024, saat petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) melakukan pemeriksaan rutin terhadap pengunjung yang hendak membesuk.

Kejadian tersebut bermula ketika seorang pengunjung berinisial I, yang datang untuk mengunjungi WBP berinisial A, melakukan pendaftaran di pos jaga.

Sekitar pukul 10.00 WIB, pengunjung tersebut diarahkan ke ruang pemeriksaan, di mana petugas P2U, Oki Ibda dan Sopan Aprian, melakukan pemeriksaan badan dengan teliti.

BACA JUGA:Kesehatan Warga Binaan Terjamin, Lapas Muara Beliti Bagikan Perlengkapan Mandi

BACA JUGA:Jaga Kebugaran dan Kekompakan, Kalapas Muara Beliti Ajak Petugas Rutin Main Tenis

Dalam proses ini, petugas menemukan sebuah HP yang disembunyikan di dalam celana pengunjung tersebut.

Penemuan ini langsung ditindaklanjuti dengan penyitaan HP dan pengunjung dilarang melakukan kunjungan ke Lapas dalam jangka waktu tertentu.

Keberhasilan petugas P2U dalam menggagalkan penyelundupan HP ini sejalan dengan komitmen Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti dalam mewujudkan lingkungan Lapas yang aman dan bebas dari ancaman HALINAR, yaitu Handphone, Pungutan Liar, dan Narkoba.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya menciptakan lapas yang bebas dari peredaran barang terlarang yang dapat mengancam ketertiban dan keamanan dalam lapas.

BACA JUGA:Lapas Muara Beliti Tingkatkan Efisiensi Anggaran 2025 Lewat Supervisi di Kanwil Kemenkumham Sumsel

BACA JUGA:Lapas Muara Beliti Siapkan Langkah Strategis dalam Rakor Penerimaan dan Pemeriksaan Kesehatan Paslon

Ka KPLP, Abdul Rafik, mengungkapkan kronologi kejadian secara detail dan mengapresiasi kesigapan petugas dalam melaksanakan tugas.

“Ketelitian petugas P2U sangat penting dalam menjaga integritas dan keamanan di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. Hal ini juga menjadi bukti bahwa kami serius dalam memberantas segala bentuk ancaman HALINAR di lingkungan lapas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: