Buka Acara Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, Menteri Teten Apresiasi Peran Besar UMKM

Buka Acara Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, Menteri Teten Apresiasi Peran Besar UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Teten Masduki secara resmi membuka acara Puncak Hari UMKM Nasional 2024.-Foto: Dok, Sumeks.co-

Sementara itu Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi mengatakan jumlah pelakum UMKM non pertanian di Sumsel berdasarkan Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) mencapai 546.724 pelaku usaha. Sedangkan jumlah UMKM pertanian berdasakan data BPS mencapai 1,12 juta pelaku.

“UMKM di Sumatera Selatan telah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 3.3 juta orang yang berkontribusi terhadap 60 persen PDB, PDRB di Sumsel,” jelasnya.

Elen juga mengajak untuk pelaku UMKM di Sumsel yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk segera mendaftarkan usahanya.

BACA JUGA:Pelatihan Kewirausahaan Terasi Serbuk Udang, Mendorong Inovasi UMKM Mutiara Laut di Palembang

BACA JUGA:Bangkitkan UMKM Palembang dan Berdaya Saing Tinggi, Pertamina Bakal Gelar SMEXPO

“Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah melalui undang-undang UMKM dan Cipta Kerja yang telah memberikan kemudahan berusaha, pemberdayaan dan perlindungan bagi UMKM,”

Amiruddin, Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan yakni untuk mempromosikan produk UMKM seluruh Indonesia, membangun sinergi antara pemangku kepentingan untuk mengembangkan pelaku UMKM ditiap daerah, sebagai ajang promosi kebudayaan dan kesenian daerah, menarik para investor dari dalam maupun luar negeri.


Penyematan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya Tahun 2024.-Foto: Dok, Sumeks.co-

Selain itu Penandatanganan nota kesepakatan bersama antara LPDB dan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terkait sinergi pendampingan dan inkubasi koperasi. “Pemberdayaan UMKM juga menjadi gambaran nyata pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan,” katanya.

Presiden Joko Widodo, melalui staf kepresidenan, juga memberikan penghargaan Satyalencana Wira Karya kepada 10 kepala daerah dan masyarakat umum, termasuk Bupati OKU Timur, Ir H Lanosin MT, yang menerima anugerah Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya.

BACA JUGA:Dorong Ekonomi UMKM Banyuasin, Pj Bupati Gelar Acara Mingguan di Taman Kota Pangkalan Balai

BACA JUGA:Berkat Dukungan KUR dari Bank Sumsel Babel, UMKM Bangka Belitung Naik Kelas

Acara yang berlangsung selama 4 hari ini bakal dimeriahkan oleh Feby Putri, Batas Senja, Opick dan Yovie & Nuno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: