Petani OKI Sukses Modifikasi Mesin Penggilingan Padi Jadi RMU Serbaguna: Hemat Biaya, Tingkatkan Produktivitas

Petani OKI Sukses Modifikasi Mesin Penggilingan Padi Jadi RMU Serbaguna: Hemat Biaya, Tingkatkan Produktivitas

Petani OKI berhasil modifikasi mesin Penggilingan Padi biasa jadi RMU serbaguna hemat biaya. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas, termasuk juga lahan pertanian nya. Dimana cukup terkenal akan lahan pertanian.

Seperti salah satu petani di Desa Sungai Belida Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten OKI. Yaitu Kasmuri, atau akrab di sapa Pak Muri oleh warga sekitar. 

Dimana petani biasa ini yang berkat keuletannya berhasil memodifikasi Penggilingan Padi biasa menjadi Rice Milling Unit (RMU). Dengan kapasitas menengah di Desa Sungai Belida Kecamatan Lempuing Jaya.

Berbekal pengalamannya mengurus penggilingan padi milik ayahnya di Jawa, Muri berinovasi menciptakan RMU berkapasitas 3 ton perjam dan menghasilkan beras kualitas medium.

BACA JUGA:Kado Istimewa di HUT ke-79 RI ke-79, PTBA Resmikan PLTS Irigasi untuk Petani di Tanjung Agung

BACA JUGA:Karena Menganggur, Suparman Nekat Mencuri Motor Milik Petani Karet di Banyuasin

"Saya ini petani biasa sekolahpun cuma tamatan SMP, namun saya berkeinginan untuk membuat sesuatu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak dan bernilai ekonomis," kata Muri.

Hal itu disampaikannya, saat ditemui tim dari Pemkab OKI dan BI Perwakilan Sumsel di Desa Sungai Belida, Lempuing Jaya, Rabu 28 Agustus 2024.

Muri menceritakan asal-muasal dia menciptakan mesin penggiling padi serba guna itu karena mendengar keluhan petani. Ini terkait dengan tingginya ongkos menggiling padi. Belum lagi ditambah biaya tanam dan perawatan. 

"Jadi berawal dari situ, saya berusaha menciptakan alat yang murah dan hemat biaya, tapi hasil produksi mampu bersaing, untuk membantu sesama petani supaya lebih hemat biaya," jelas Muri.

BACA JUGA:Lada Putih Muntok Go Premium! Kemenkumham Babel Dorong Petani Bangka Belitung

BACA JUGA:Petani Dibekuk Usai Curi 60 Tandan Sawit Milik Tetangga di Bangun Sari

Untuk diketahui, mesin penggilingan yang dilakukan modifikasi dapat menghasilkan beras berkualitas. Mesin RMU miliknya juga terbilang komplek.

Sudah ada mesin pengering, pengayak padi, pemisah dedak dan pencacah beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: