Kakanwil Kemenkumham Babel Lantik 3 Perancang Peraturan Perundang-undangan, Ini Pesannya

Kakanwil Kemenkumham Babel Lantik 3 Perancang Peraturan Perundang-undangan, Ini Pesannya

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, secara resmi melantik dan mengambil sumpah tiga orang Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan di Balai Pengayoman Kantor Wilayah pada S--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, secara resmi melantik dan mengambil sumpah tiga orang Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan di Balai Pengayoman Kantor Wilayah pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Pelantikan ini menandai pentingnya peran strategis para perancang dalam pembentukan produk hukum di Indonesia.

Dalam amanatnya, Kakanwil Harun Sulianto menegaskan bahwa peran perancang peraturan perundang-undangan adalah kunci dalam proses pembentukan regulasi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2015 tentang Keikutsertaan Perancang Peraturan dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Harun menekankan bahwa setiap perancang harus terlibat dalam setiap tahapan pembentukan peraturan perundang-undangan, mulai dari tahap perencanaan hingga pengesahan.

BACA JUGA:Rusuh Lagi, Peserta Kongres XXI PMII Diamankan Polisi Diduga Sebagai Provokator

BACA JUGA:Diduga Kwitansi Rumah Makan 'Wak Leh' Fiktif, Terdakwa Korupsi Makan Minum Rumah Tahfidz Terpojok

"Para perancang wajib bersikap profesional sesuai dengan disiplin ilmu hukum, ilmu perundang-undangan, serta disiplin ilmu lainnya yang relevan," ujar Harun dalam sambutannya. Ia juga menekankan bahwa seorang perancang harus memiliki pengetahuan yang luas serta keterampilan teknis yang mumpuni untuk mendukung tugas mereka.

Kakanwil Harun juga berpesan agar para pejabat yang baru dilantik menjaga integritas dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas.

Ia mendorong mereka untuk terus belajar, meraih prestasi, serta meningkatkan wawasan keilmuan. Sinergi yang baik dengan pemerintah daerah juga menjadi salah satu poin penting yang ditekankan oleh Harun.

Dalam kesempatan yang sama, Harun menyampaikan pesan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Yasonna H. Laoly, yang mengingatkan seluruh jajaran Kemenkumham untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

BACA JUGA:Galaxy Z Flip 5: Pertimbangan untuk Tidak Perlu Upgrade ke Galaxy Z Flip 6, Kaum Fomo Wajib Simak!

BACA JUGA: Oppo Reno 12 Pro 5G, Smartphone Oppo Terbaru Didukung Fitur Gen AI dan Tahan Air!

Yasonna juga mengingatkan pentingnya menjaga nama baik Kementerian Hukum dan HAM serta menjunjung tinggi nilai-nilai tata kerja yang tergabung dalam akronim "Kami PASTI" (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif).

"Pegang teguh integritas, profesionalitas, dan loyalitas. Lahirkan inovasi dan gagasan baru untuk peningkatan kinerja organisasi, serta bangun sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas," kata Harun mengutip pesan Menkumham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: