Rusuh Lagi, Peserta Kongres XXI PMII Diamankan Polisi Diduga Sebagai Provokator

Rusuh Lagi, Peserta Kongres XXI PMII Diamankan Polisi Diduga Sebagai Provokator

Kongres XXI PMII 2024 di Kota Palembang pada Rabu malam 14 Agustus 2024 rusuh lagi dan polisi mengamankan seorang provokator. -Foto: dokumen/sumeks.co -

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono saat dikonfirmasi membenarkan sudah diamankannya seorang alumni mahasiswa asal Makassar yang diduga sebagai provokator kerusuhan Kongres XXI PMII 2024 di Kota Palembang pada Rabu malam 14 Agustus 2024.

"Ya, seorang peserta kongres terpaksa harus kita amankan oleh petugas Polrestabes Palembang yang saat kejadian sedang berjaga pada Kongres PMII di JSC (Jakabaring Sport City) Palembang, oknum peserta provokator itu saat ini kasusnya ditangani Polda Sumsel," jelasnya.

Diceritakannya, pria yang diamankan itu diduga menjadi provokator saat sekelompok mahasiswa hendak menerobos masuk ke GOR Dempo, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang tempat berlangsungnya kongres XXI PMII tahun 2024 di Palembang.

"Kerusuhan bermula sekitar pukul 20.30 WIB saat mahasiswa yang berada di depan gerbang utama GOR Dempo dan belum mendapatkan tanda pengenal peserta mencoba kembali memaksa masuk ke lokasi kongres," ujarnya.

BACA JUGA:Viral, Video Kerusuhan Kongres XXI PMII di Jakabaring Sport City, Kapolrestabes Palembang Ungkap Ini

BACA JUGA:PMII Cabang Ciputat Fokus pada Instrumen Persahabatan di Kongres Ke-21 Palembang

"Untuk data orang yang diamankan itu belum bisa kita sampaikan kasus masih dalam pemeriksaan petugas," tutupnya singkat.

Saat kejadian, dari informasi yang dihimpun sumeks.co sempat terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa dengan Panitia Keamanan Kongres XXI PMII yang dikomandoi oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) di garda terdepan dan dibantu oleh aparat kepolisian yang berjaga.


Kongres XXI PMII 2024 di Kota Palembang pada Rabu malam 14 Agustus 2024 rusuh lagi. -Foto: dokumen/sumeks.co -

Bahkan informasinya, pagar gerbang utama GOR Dempo nyaris roboh setelah ditarik paksa oleh mahasiswa yang mencoba merangsek masuk. 

Hal inilah membuat aparat kepolisian langsung melakukan penghalauan dan mengamankan seorang pria yang diduga menjadi provokator.

BACA JUGA:Ratu Dewa Jenguk Peserta PMII Asal Lampung Korban Begal di Jakabaring Palembang

BACA JUGA:Peserta Kongres PMII Asal Lampung Jadi Korban Begal Saat Berjalan Kaki ke Jakabaring, Polisi Buru Pelaku

“Saya sudah tamat. Ini tentang organisasi kami Pak, mereka yang berada di dalam sana, peserta kongres tidak tahu tentang aturan-aturan kongres,” ujar salah seorang peserta yang terlibat kerusuhan seperti yang ada di video yang banyak beredar luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: