Kehilangan Bola Mata? Dapatkan Kembali Penampilan Alami dengan Protesa Mata

Kehilangan Bola Mata? Dapatkan Kembali Penampilan Alami dengan Protesa Mata

Bola mata rusak, bisa gunakan bola mata tiruan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Mata adalah indera penglihatan dari bagian organ tubuh yang sangat penting. Yaitu digunakan untuk melihat. 

Namun, indera penglihatan ini yang digunakan rusak oleh berbagai sebab dan faktor. Baik karena penyakit dan juga bisa karena kecelakaan. Sehingga membuat seseorang harus kehilangan penglihatannya. 

Terkait hal ini apabila bola mata seseorang telah rusak maka bisa digantikan dengan bola mata tiruan sebagai penggantinya. Ini bisa menunjang estetik

Bola mata tiruan ini sering disebut dengan protesa mata. Dimana protesa mata ini digunakan sebagai mata palsu yang dipasang pada pasien karena kehilangan bola matanya. 

BACA JUGA:Siapin Tisu, Ini MV Gala Bunga Matahari Karya Penuh Makna Sal Priadi yang Menyayat Hati

BACA JUGA:Timnas Indonesia Diremehkan, Pengamatan Sepakbola Prediksi 6 Negara yang Otomatis Lolos Piala Dunia

Meskipun protesa mata atau bola mata tiruan ini tidak dapat mengembalikan penglihatan yang telah hilang tetapi mengembalikan estetika pada pasien. 

Maka oleh karena itu, dalam kasus seperti Katarak atau Glaukoma tidak bisa menggunakan solusi protesa mata melainkan harus operasi khusus untuk mengganti lensa mata. 

Untuk diketahui, bola mata tiruan ini tidak mengikat kriteria sehingga pasien laki-laki maupun perempuan juga anak-anak maupun orang dewasa bisa menggunakan bola mata palsu ini. Tetapi dengan catatan memang pasien telah kehilangan bola matanya. 

Adapun fungsi utama protesa mata atau bola mata tiruan ini hanya sebatas estetika agar mata terlihat tetap menarik dan terlihat asli meskipun tidak dapat mengembalikan fungsi penglihatan. 

BACA JUGA:Pencuri Material Kereta Api Ditangkap, Ancam Keselamatan Ribuan Penumpang

BACA JUGA:Hartati Nyaris Tewas Tertimbun Tumpahan Batubara: Kisah Penyelamatan Dramatis di Muara Enim

Jadi dalam hal ini bola mata tiruan pada pasien yang buta akan tetap buta. Begitu pun pasien yang bola matanya rusak tetap tidak berfungsi penglihatannya. 

Tentunya hal ini berbeda dengan gangguan Katarak yang bisa diatasi dengan operasi Katarak sehingga pasien bisa melihat kembali dengan lensa buatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: