Metamorfosis Kemenag, Tasbihkan Diri Bukan Lagi Kementerian yang Hanya Layani Pernikahan, Tapi....

Metamorfosis Kemenag, Tasbihkan Diri Bukan Lagi Kementerian yang Hanya Layani Pernikahan, Tapi....

Wamenag RI, Saiful Rahmat Dasuki, menyebutkan bahwa metamorfosis Kemenag saat ini tak hanya jadi kementerian yang melayani pernikahan. --

Saiful juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kakanwil dan jajarannya yang bersama-sama mengantarkan Kemenag menjadikan Kemenag wajah Indonesia yang sesungguhnya. 

"Tetapi kita dianugerahi keanekaragaman, budaya suku dan agama. Indonesia dianugerahi keanekaragaman, budaya suku dan agama tetap bergandengan tangan, saling mengenal, saling menghormati," lanjutnya. 

BACA JUGA:Tertib dan Taat Aturan, Kemenag Apresiasi Jamaah Haji Indonesia

BACA JUGA:Kemenag Sumsel Warning ASN yang Melakukan Perjudian Online

"Bagaimana kita dipertontonkan tentang perbedaan agar kita saling mengenal, memahami, menghormati," tuturnya. 

Dikatakannya pula, bahwa moderasi beragama bukanlah memoderasikan agama, bukan pula mempersempit umat dengan agamanya. 

Namun yang dimoderasi adalah cara beragamanya, dan menurutnya hal tersebut sudah dipraktekkan oleh leluhur, tokoh-tokoh bangsa ini. 

Ia mengatakan, moderasi beragama adaptif terhadap nilai-nilai lokal, karena moderasi beragama bukan hal yang baru namun sudah ada, diajarkan, dipraktekkan oleh para pendahulu bangsa ini. 

BACA JUGA:Kemenag OKI Dukung Edukasi Bahaya Judi Online Bagi Calon Pengantin oleh Penghulu dan Penyuluh

BACA JUGA:Kemenag Kecewa, Maskapai Garuda Indonesia Kembali Mengalami Keterlambatan Angkut Jemaah Haji Pulang

Namun, menurutnya keanekaragaman tersebut harus dijauhkan dari karakter yang bisa mengganggu kesatuan dan kesinambungan NKRI.

Disitulah, menurutnya mengapa moderasi beragama menjadi salah satu program prioritas Kemenag, dimana Kemenag menjadi Kantor Kementerian Agama untuk semua agama. 

"Saya berharap legacy ini diteruskan karena ini penjaga utama keutuhan RI, saya menitip program Kemenag Moderasi Beragama. Sumbangsih terbesar kita bagi keutuhan negara," ujarnya.

Saiful menyampaikan pula pesan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bahwa Kemenag adalah Kementerian yang memiliki potensi besar untuk melakukan peran yang sangat penting dan terukur bagi bangsa dan negara. 

BACA JUGA:Video Terbaru Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia dan Terlantar di Mekkah, Komentar Kemenag RI?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: