Pj Sekda Pemprov Sumsel Edward Candra Hadiri Penutupan Simulasi Pelatihan Pencegahan Karhutla

Pj Sekda Pemprov Sumsel Edward Candra Hadiri Penutupan Simulasi Pelatihan Pencegahan Karhutla

Simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di JSC, Palembang, Sabtu, 27 Juli 2024.--sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terus siap siaga menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang rentan terjadi di musim kemarau.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda)  Provinsi Sumsel Edward Candra, menghadiri penutupan simulasi kegiatan pelatihan pencegahan Karhutla di Wilayah Sumsel.

Kegiatan bertempat di halaman Venue Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu, 27 Juli 2024.

Edward menegaskan  Pemprov Sumsel mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan pelatihan pencegahan Karhutla ini.

BACA JUGA:Antusias 250 Personel TNI/Polri Ikuti Pelatihan Teknik Penanggulangan Karhutla dari Manggala Agni

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla 2024

Dalam simulasi terlihat berbagai kesiapan dari jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel dalam mendukung pengamanan Pilkada serentak 2024 yang juga sekaligus kesiapan dalam mengendalikan Karhutla di Sumsel.

“Tujuan negara adalah untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia, melindungi masyarakat kita dari bencana termasuk bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan serta menjaga ketertiban selama terlaksananya Pilkada," kata Edward.

Sementara Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol M Zulkarnain, SIK, MSi menuturkan, maksud dan tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk mempersiapkan kemampuan personel dalam menggunakan peralatan khusus.

Kemudian menyamakan persepsi cara bertindak guna pengamanan dan pengawalan VIP, terhadap calon kepala daerah yang akan berkompetisi pada Pilkada serentak tahun 2024.

BACA JUGA:INFO BMKG, Modifikasi Cuaca untuk Cegah Karhutla di Sumatra dan Kalimantan

BACA JUGA:Minimalisir Terjadinya Karhutla di Wilayahnya, Polsek Muara Kuang Sosialisasikan Larangan Membakar Lahan

“Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan teknis kepada para personel Polri yang akan dilibatkan dalam satgas pencegahan dan penanganan karhutla di wilayah Provinsi Sumsel tahun 2024,” tuturnya. 

Pada tahun 2024 lanjut Wakapolda,  Provinsi Sumsel dihadapkan dua agenda Kamtibmas yang menjadi perhatian bersama yaitu pesta demokrasi Pilkada serentak dan Karhutla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: