5.374 Jemaah Haji Sumsel & Babel Sudah Kembali ke Tanah Air, 25 Orang Wafat

5.374 Jemaah Haji Sumsel & Babel Sudah Kembali ke Tanah Air, 25 Orang Wafat

Proses pemulangan jemaah haji Kloter 11 Debarkasi Palembang, yang berlangsung Senin dini hari, 8 Juli 2024, di Bandara SMB II Palembang. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sedikitnya 447 jemaah haji dari Kelompok Terbang (Kloter) 12 asal OKU, Palembang, dan Muara Enim tiba di Kota Palembang, Senin dini hari, 8 Juli 2024.

Dengan demikian, total jemaah haji Debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 5.374 dari total 8.467 jemaah haji yang berangkat tahun 2024 ini. 

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah Kloter 12 berjumlah 449 orang. 

Di Tanah Suci, ada satu jemaah meninggal dunia, yaitu Zainal Arifin (55) asal OKU. Selain itu ada dua jemaah yang sudah pulang lebih awal yaitu Ruswendi dan Nurul Huda.

Serta ada satu jemaah tanazul masuk dari Kloter 2 yaitu Zaenoni Zen Ibrahim (62) asal Lubuklinggau. Zaenoni sempat tertunda pulang, karena dirawat di RS King Abdullah Aziz Mekkah. 

BACA JUGA:Cerita Inspiratif Tiga Jemaah Haji Muda, Umur 18 Tahun Bisa ke Mekkah Ternyata Ini Caranya

BACA JUGA:Innalillahi, Saat Tiba di Bandara Jemaah Haji Asal Palembang Ini Meninggal Dunia

"Dengan demikian, jemaah Kloter 12 yang datang pagi ini berjumlah 447," jelas Syafitri. 

Hingga saat ini, lanjut Syafitri, jemaah haji debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 5.374, dengan rincian 4.206 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Bangka Belitung, dan 60 petugas Kloter.

Sedangkan jemaah yang meninggal berjumlah 25 orang. Dengan rincian, dua meninggal di embarkasi, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu meninggal di debarkasi. 

Adapun jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi berjumlah empat orang. 

Sementara itu, penyambutan sekaligus pelepasan Kloter 12 kembali ke daerah masing-masing, digelar di Aula Asrama Haji Sumsel. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Tercatat 4.039 Jemaah Haji Gelombang Pertama Debarkasi Palembang Injakkan Kaki ke Tanah Air

BACA JUGA:Puncak Ibadah Haji Telah Dilewati, 81 Ribu Jemaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: