Patroli Terpadu Cegah Karhutla di Kabupaten OKI, Upaya Berkelanjutan Melindungi Hutan dan Lahan

Patroli Terpadu Cegah Karhutla di Kabupaten OKI, Upaya Berkelanjutan Melindungi Hutan dan Lahan

Patroli terpadu berlanjut, cegah Karhutla di Kabupaten OKI. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini sudah masuk musim kemarau. Meskipun hujan masih sering turun. 

Dimana pada musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), terutama lokasi lahan gambut

Seperti Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki wilayah yang luas yaitu terdiri 18 kecamatan yang tersebar. Dan dari puluhan kecamatan itu ada beberapa kecamatan rawan terjadi karhutla di musim kemarau. 

Dalam hal pencegahan karhutla pemerintah melaksanakannya jauh-jauh hari. Yaitu melakukan pencegahan karhutla dengan patroli terpadu

BACA JUGA: Wantannas RI Dampingi Pemkab OKI Susun Strategi Mitigasi Karhutla Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Bersama Tim OTS Wantannas RI Kaji Penanganan Ancama Karhutla 2024

Disampaikan Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI, Edi Satriawan SP, untuk patroli terpadu yaitu personelnya gabungan telah dilaksanakan sejak Juni 2024 lalu dan kini masih berlanjut. 

"Pelaksanaan patroli terpadu untuk pencegahan karhutla tetap berlanjut. Yaitu dengan lokasi Kecamatan Cengal dan di Kecamatan Tanjung Lubuk," ungkap Edi, kepada SUMEKS.CO, Rabu 3 Juli 2024.

Dia menjelaskan, untuk patroli terpadu ini dilanjutkan kembali mulai Selasa 2 Juli 2024 hingga 11 Juli 2024 mendatang. Dimana jadwal patroli yang lama 22 Juni 2024 hingga 1 Juli 2024.

"Tahap pertama patroli terpadu telah dimulai 12 Juni 2024 hingga 21 Juni 2024. Lalu lanjut lagi 22 Juni hingga 1 Juli 2024 dan mulai kembali hingga 10 hari kedepan," terang Edi. 

BACA JUGA:Siaga Karhutla, BPBD Sumsel Minta 8 Helikopter untuk 12 Daerah Kategori Rawan Akibat Puncak Kemarau

BACA JUGA:Silaturahmi dengan Pangdam II/Sriwijaya, Pj Gubernur Elen Bahas Upaya Antisipasi-Penangananan Karhutla Sumsel

Edi menegaskan, dengan Kabupaten OKI yang luas juga banyak terdapat lahan gambut. Dimana lahan gambut yang tersebar di beberapa kecamatan ini sangat rawan terbakar saat musim kemarau. 

"Mengenai lahan gambut di Kabupaten OKI yang rawan terbakar di musim kemarau saat ini kondisinya masih aman. Pasalnya lahan gambut masih basah," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: