Dua Aplikasi Inovatif untuk Transformasi Digital di Jalan Tol Trans Sumatera

Dua Aplikasi Inovatif untuk Transformasi Digital di Jalan Tol Trans Sumatera

HKA telah mengembangkan dua aplikasi digital, yaitu ASToll (Assistance Toll) dan HKA Trom. --

HKA menargetkan pada akhir tahun seluruh pengguna operating system, baik Android maupun iOS, dapat menggunakannya. 

“Pengembangan ASToll ini tentunya akan kami perluas kedepannya, dengan menambahkan fitur-fitur baru yang mempermudah para pengguna jalan tol dalam mendapatkan pelayanan terbaik. Kami berkomitmen memberikan pengalaman yang nyaman selama melintasi jalan tol kepada seluruh pengguna,” imbuh Martin.

Sementara itu, sama seperti ASToll, HKA Trom juga diaplikasikan sejak awal tahun 2024 untuk optimalisasi operasional di internal HKA.

HKA Trom dapat memantau semua aspek pelayanan dan pemeliharaan jalan tol setiap harinya. 

BACA JUGA:Progres Pembangunan Simpang Jalan Tol Palindra-Kapal Betung Capai 26,48 Persen, Bakal Tersambung di Awal 2025

BACA JUGA:Tiga Rest Area Baru di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Siap Beroperasi, Ini Lokasinya

 

Dengan lebih dari 2.500 personel jalan tol yang tersebar di seluruh ruas jalan tol yang dioperatori, setiap petugas dapat memantau seluruh layanan seperti layanan transaksi, layanan lalu lintas, dan pemeliharaan jalan.

Hal ini memungkinkan HKA untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Service Level Agreement (SLA) dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Melalui HKA Trom yang berupa dashboard terintegrasi, seluruh petugas jalan tol dapat melakukan monitoring aktivitas pelayanan mereka secara real time kepada pihak-pihak atau PIC yang bertugas.

Dengan HKA Trom, efisiensi terhadap proses pekerjaan, evaluasi, maupun monitoring dapat terwujud.

 "Dengan menggunakan HKA Trom, petugas jalan tol dapat langsung memberikan laporan pekerjaan mereka termasuk kondisi terkini di ruas tol, sehingga proses pelayanan dapat langsung dikerjakan tanpa menunggu waktu koordinasi yang lama,” tutup Martin.

Optimalisasi digital HKA sudah dimulai sejak tahun 2019 ketika masih menjadi perusahaan manufaktur konstruksi. HKA mengimplementasikan ERP SAP 4HANA untuk memaksimalkan proses bisnis yang ada. 

Selain itu, untuk memaksimalkan produksi hotmix pada kebutuhan pemeliharaan jalan tol, HKA juga memiliki aplikasi digital yang diberi nama HKA LAMPS (Live Asphalt Mixing Plant System).

BACA JUGA:Ditarget Rampung Tahun Depan, Hutama Karya Kerjakan 2 Junction di Jalan Tol Trans Sumatera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: