Penting! Jemaah Haji Jangan Lupa Tawaf Wada Sebelum Pulang Sesuai Jadwal

Penting! Jemaah Haji Jangan Lupa Tawaf Wada Sebelum Pulang Sesuai Jadwal

Jamaah haji diimbau tawaf wada sebelum pulang dan patuhi jadwal kepulangan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Puncak pelaksanaan ibadah haji telah selesai, sejumlah jamaah haji sudah mulai pulang ke tanah air masing-masing. Termasuk jamaah haji asal Indonesia. 

Seperti hari ini Minggu 23 Juni 2024, jamaah haji asal Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) embarkasi Palembang sudah tiba di tanah air.

Terkait fase kepulangan jamaah haji Indonesia dari Tanah Suci menuju Tanah Air yang telah dimulai sejak 22 Juni 2024. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman mengimbau jamaah haji Indonesia agar untuk mematuhi jadwal kepulangannya.

"Kami mengimbau jamaah haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya. Jangan ada yang beribadah di Masjidil Haram mendekati jadwal kepulangan, karena bisa mengganggu waktu pergerakan," imbau Khalilurrahman di Makkah, Minggu 23 Juni 2024.

BACA JUGA:Diiringi Isak Haru, Jemaah Haji Kloter 1 Musi Banyuasin Tiba di Asrama Haji

BACA JUGA:Haji Bebas Antri! Bea Cukai Sumatera Timur, Beri Layanan Fast Track

Disampaikan Khalilurrahman, jamaah juga diimbau agar melaksanakan tawaf wada sebelum pulang ke tanah air. Jadi bila sudah mengetahui jadwal keberangkatan dari Makkah menuju Jeddah atau Madinah, maka disarankan agar jamaah melaksanakan tawaf wada sehari sebelumnya. 

"Jamaah harus sudah siap di pemondokan dua jam sebelum bus penjemputan tiba," ucapnya.

Dikatakan Khalil, sebelumnya ada jamaah yang masih melakukan tawaf wada jelang keberangkatan sehingga rombongannya harus menunggu dia kembali ke hotel. Sehingga Bus yang harusnya sudah berangkat jadi terlambat.

Selain ini, lanjut dia, jamaah juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti paspor hingga visa. Bila ada dokumen yang hilang bisa melapor ke petugas kloter.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Debarkasi Perdana Tiba di Palembang, Jemaah Haji Sujud Syukur

BACA JUGA:Ini Faktor Penyebab 1.000 Jamaah Haji Meninggal di Arab Saudi

"Mengenai ini konsultasi ke petugas kloter termasuk soal kesehatan ataupun dokumen supaya bisa dilaporkan oleh kloter ke sektor dan ke daker. Dokumen juga disiapkan dan menepati jadwal yang sudah disiapkan oleh panitia," jelasnya. 

Untuk diketahui, jadwal pemulangan jamaah haji Indonesia telah dimulai Jumat 21 Juni 2024 kemarin ke tanah air. Sejumlah kelompok terbang (kloter) mulai dijadwalkan untuk pulang ke tanah air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: