Pembangunan IKN Dikebut Jelang Upacara HUT RI, Siap Jadi Tuan Rumah

Pembangunan IKN Dikebut Jelang Upacara HUT RI, Siap Jadi Tuan Rumah

Pemerintah Indonesia tahun ini merencanakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dirayakan di Ibu Kota Negara (IKN). --

"Perumahan menteri yang pak presiden sudah menginap di sana, akan siap 36 rumah. Untuk Hotel Nusantara siap untuk 100-an kamar. Hunian yang disiapkan bagus tipe 98m2," jelasnya. 

Lalu, lanjut dia, mengenai fasilitas kesehatan di IKN, juga akan disiapkan, selain seperti IGD di RS Mayapada, RS Hermina juga akan difungsikan, termasuk ketersediaan air bersih, yang instalasinya akan siap pada akhir Juni atau awal Juli 2024 ini. 

BACA JUGA:Pastikan Pembangunan IKN Selaras dengan Pemuda, Menpora Dukung Gerbangtara

BACA JUGA:Marliana Kakak Vina Tegaskan Tak Punya Pengacara Sejak 2016, Sedih Ada Lawyer Pansos di Kasus Adiknya

"Untuk air, pompa, pompa, pipa sudah jadi, reservoir jadi. Mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli sudah beroperasi untuk air minum. Karena di sana standarnya air minum. Listrik dari PLN siap, kalau internet belum tahu," paparnya. 

Untuk diketahui perkembangan pembangunan IKN terus menunjukkan hasil yang baik yang baik. Dimana untuk undangan upacara HUT RI di IKN Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 6800 undangan. 

Yakni meliputi undangan para duta besar negara sahabat, para menteri dan jajarannya, para pimpinan TNI/Polri, 1500 petugas/aparat TNI/Polri peserta upacara, serta undangan lainnya.

Lalu mengenai transportasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus memantau persiapan infrastruktur transportasi yang mendukung suksesnya penyelenggaraan HUT RI di IKN. 

BACA JUGA:Pastikan Pembangunan IKN Selaras dengan Pemuda, Menpora Dukung Gerbangtara

BACA JUGA:Progres Pembangunan Bandara VVIP IKN Capai 50 Persen, Target Operasional Agustus 2024

Menhub sudah kerapkali mengunjungi IKN untuk mengikuti tahapan pembangunan infrastruktur transportasi darat, laut, dan udara di sejumlah lokasi di wilayah Penajam Pasir Utara (PPU).

Terakhir Menhub meninjau ke lokasi pembangunan jalur kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN awal Juni lalu (3/6). Pihak operator dari Kementerian PUPR sempat menunjukkan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, yang sudah selesai dan salah satu jalurnya akan dipakai untuk ART.

“Insya Allah, uji coba ART sudah dapat dilakukan awal Agustus 2024, seiring telah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat,” ujar Menhub. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: