Korsahli Kapolri Irjen Eddy Sumitro Sebut Media Sosial Bagaikan Pisau Bermata Dua

Korsahli Kapolri Irjen Eddy Sumitro Sebut Media Sosial Bagaikan Pisau Bermata Dua

Korsahli Kapolri Irjen Eddy Sumitro Tambunan mengatakan era digital saat ini media sosial bagaikan pisau bermata dua.-Foto: dokumen/sumeks.co-

“Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa setiap informasi yang disebarkan telah terverifikasi kebenarannya. Karena penyebaran berita berita palsu atau hoax tidak hanya merugikan individu tetapi juga dapat mengganggu stabilitas ketertiban umum,” imbuhnya.

Eddy Sumitro mengingatkan untuk tidak terjadi lagi pelanggaran yang kemudian menjadi viral dimedia sosial, konten yang tidak sesuai dengan norma dan nilai-nilai dikepolisian, penyalahgunaan kewenangan dan pamer kekayaan dan gaya hidup yang hedonis.

“Maka dari itu era digital yang terus berkembang, pemahaman penggunaan media sosial bagi anggota perlu diberikan secara berkala mengingat viralitas media sosial memiliki potensi besar dalam mempengaruhi opini publik dan memicu reaksi cepat dari masyarakat,” pesannya.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Melakukan Detoks Media Sosial untuk Menjaga Kesehatan Mental

BACA JUGA:Anak Tersandung Kasus Perundungan, Vincent Rompies Istirahat dari Media Sosial

Alumni Akpol 1989 tersebut mengingatkan setiap personil kepolisian harus mampu menghadapi tantangan, juga dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan akurasi dan kecepatan yang sama dengan penyebaran informasi di media sosial dalam konteks menjaga ketertiban masyarakat.

“Polri memerlukan strategi manajemen media yang efektif, strategi ini penting untuk menciptakan keamanan serta mencegah penyebaran issue yang dapat mengganggu ketertiban. Harus meningkatkan kepastian komunikasi untuk dapat menjaga kepercayaan masyarakat dan meminimalisir penyebaran informasi yang salah atau menjurus ke fitnah,” urainya.

Dalam kegiatan sosialisasi pemahaman penggunaan media sosial yang turut dihadiri Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo, Wakapolda Brigjen M Zulkarnain, para pejabat utama Polda dimapolda serta Kapolres, Kapolsek sejajaran Polda Sumsel secara virtual tersebut, Irjen Eddy Sumitro mengharapkan adanya persamaan persepsi memahami dalam hal penggunaan media sosial,  selain sebagai sarana untuk mencari dan mendengar permasalahan yang terjadi di lapangan khususnya dalam bermedia sosial.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: