PJU Polres Ogan Ilir, Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Jokowi Via Virtual

PJU Polres Ogan Ilir, Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Jokowi Via Virtual

Para PJU Polres Ogan Ilir saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual. --

"Bagi Polri sendiri, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini adalah merupakan acuan dan motivasi untuk Polri khususnya Polres Ogan Ilir," katanya lagi. 

Tujuannya agar terus dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, agar terciptanya Kamtibmas yang kondusif diwilayah hukum Polres Ogan Ilir.

Dalam kegiatan upacara secara virtual melalui Youtube ini, dihadiri dan dipimpin langsung oleh Wakapolres Ogan Ilir, dan seluruh PJU Polres Ogan Ilir.

Adapun para PJU Polres Ogan Ilir yang hadir, antara lain, Kabag Ops Kompol Kusyanto, Kabag SDM Kompol Sigit Wibowo, Kabag Log Kompol Sukamto dan para Kasat di jajaran Polres Ogan Ilir. 

Pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 kali ini, mengusung tema tentang Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:Semangat Persatuan, Jajaran Kemenkumham Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

BACA JUGA:Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, KSOP Kelas I dan Pelindo Regional 2 Palembang Adakan Giat Donor Darah

Sebagaimana diketahui, tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, yang setiap tahunnya harus diperingati oleh rakyat Indonesia lewat gelaran sebuah upacara. 

Maka, setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tanggal 1 Juni 2024, hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). 

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan masyarakat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: