Muara Enim Tingkatkan Produksi Padi, Targetkan Swasembada Pangan

Muara Enim Tingkatkan Produksi Padi, Targetkan Swasembada Pangan

PANEN RAYA : Panen Raya Padi Sawah Ataran Ulak Himbe, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, menyatakan optimisme bahwa Kabupaten Muara Enim akan menjadi lumbung pangan dan mencapai swasembada pangan. 

Ahmad Rizali, menyampaikan optimismenya terkait swasembada pangan di Kabupaten Muara Enim saat menghadiri kegiatan Panen Raya Padi Sawah Ataran Ulak Himbe di Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim, pada hari Minggu.

Acara panen raya ini menjadi bukti nyata dari komitmen dan kerja keras Pemkab Muara Enim bersama petani dalam meningkatkan produksi padi di wilayahnya.

Pj Bupati Ahmad Rizali mengapresiasi semangat dan dedikasi para petani yang telah berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pangan di Muara Enim.

BACA JUGA:Hendak Mandi, 2 Bocah Hilang Terseret Arus Sungai Enim, Tim SAR Dikerahkan

BACA JUGA:Atensi Khusus Polda Sumsel, Kombes Sunarto Sebut Kasus Oknum Bidan Malapraktik di Prabumulih Masih Pulbaket

Kegiatan ini, juga dihadiri para Forkopimda Muara Enim, Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dr dr Rose Mafiana, Para Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Muara Enim, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kelurahan Muara Enim, Para Petani maupun Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan).

Menurut Rizali, bahwa kegiatan panen raya padi sawah di Ataran Ulak Himbe, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim seluas 25,08 hektar dari total 302 hektar sawah yang ada di Kelurahan Muara Enim ini dengan hasil produksi rata-rata 7,68 ton Gabah Kering Panen (GKP) perhektar. 

Melihat hasil ini, maka target produksi padi rata-rata di Kabupaten Muara Enim tahun 2024 ini yaitu sebesar 5,1 ton perhektar dengan target produksi sebesar 

203 ribu ton gabah kering panen (GKP) atau sekitar 182 ribu ton beras yang meningkat 1,5 persen  dibandingkan tahun 2023. Setidaknya dari Januari hingga April 2024 ini produksi beras Kabupaten Enim telah mencapai 5,5 ribu ton. 

BACA JUGA:Kuota Haji Indonesia sudah Terpenuhi, Kemenag Ingatkan Warga Tak Tertipu Tawaran Visa Non Haji

BACA JUGA:KPU PALI Tetapkan 30 Anggota Terpilih DPRD PALI Tahun 2024-2029, Ini Daftarnya

Oleh karenanya, lanjut Rizali, dirinya mengajak kepada seluruh petani untuk bersemangat meningkatkan produktivitas pertanian sehingga target tersebut dapat tercapai yang nantinya juga akan berdampak pada penurunan angka inflasi daerah. 

Tentunya kita harus senantiasa bersyukur diberikan anugerah tanah yang subur dan berlimpah sumber daya alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: