Pemkot Palembang Gelar Upacara Peringatan Hari Otda Tahun 2024, Pj Sekda Sampaikan Amanat Mendagri

Pemkot Palembang Gelar Upacara Peringatan Hari Otda Tahun 2024, Pj Sekda Sampaikan Amanat Mendagri

Pemkot Palembang Gelar Upacara Peringatan Hari Otda Tahun 2024, Pj Sekda Sampaikan Amanat Mendagri--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah kembali memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) Tahun 2024, termasuk lingkungan OPD Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024.

Berlangsung di Halaman Parkir Sekretariat Daerah Kota Palembang pada Kamis 25 April 2024 pagi.

Inspektur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 yakni Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Gunawan.

BACA JUGA:Hari Otoda 2024, Ratu Dewa Sukses Raih Penghargaan Mendagri, Satu-Satunya di Sumsel!

BACA JUGA:Camat Sako Bina Ketua RT-RW, Sosialisasikan Program Pemkot Palembang

Camat Sako Amiruddin Sandy menjadi komandan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024.

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 turut dihadiri Forkopimda Kota Palembang, antara lain Kapolrestabes Palembang Kombes Harryo Sugihhartono, Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat, Camat se-Kota Palembang, ASN Pemkot Palembang, dan unsur TNI-POLRI.


Pemerintah kembali memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) Tahun 2024, termasuk lingkungan OPD Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.--

Pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Gunawan membacakan amanat dari Mendagri Tito Karnavian.

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 bertema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Miliki Aset Tanah 6.132 Persil, Ratu Dewa Dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria

BACA JUGA:Pasca Lebaran Idulfitri, Pemkot Palembang Kembali Bagi Sembako dan Jemput Bola Dokumen Kependudukan

Sekda Gunawan mengatakan tema tersebut bertujuan untuk menguatkan komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah terhadap amanah dan tugas mereka dalam membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

"Dalam arahan yang dibacakan pada upacara, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tito Karnavian menegaskan beberapa indikator yang harus menjadi perhatian setiap pemerintah daerah," katanya.

Lanjut Gunawan, hal ini meliputi penurunan angka kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan laju pertumbuhan ekonomi.

"Oleh karena itu, semua daerah yang termasuk dalam Otonomi Daerah harus secara otomatis meningkatkan pendapatan asli daerah mereka guna mendanai pembangunan, hal ini termasuk diterapkan di Kota Palembang," tutupnya.

BACA JUGA:Ratu Dewa Harapkan Seluruh Tenaga non-PNSD Lulus PPPK Pemkot Palembang, Begini Pesannya

BACA JUGA:Hari Pertama Ngantor Usai Cuti Lebaran, Pemkot Palembang Awali Halal Bihalal

Diberitakan sebelumnya.  Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa berhasil menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian usai menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII di Balai Kota Surabaya pada Kamis 25 April 2024.

Ratu Dewa menerima penghargaan dari purnawirawan jenderal polisi bintang empat atas keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan skor 3,4541 dan status kinerja tinggi berdasarkan evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023.

Ratu Dewa berhasil membawa Kota Palembang menjadi satu-satunya kota di Provinsi Sumatera Selatan yang meraih penghargaan bergengsi itu.

Menurut Ratu Dewa, penghargaan tersebut hanya diberikan kepada 5 provinsi, 10 kota, dan 14 kabupaten di seluruh Indonesia yang menunjukkan kinerja terbaik.

BACA JUGA:Simak Imbauan Pemkot Palembang untuk Mengatasi Banjir, Sampah Masih Menjadi Persoalan Besar

BACA JUGA:Pemkot Palembang Ungkap Biang Kerok yang Sebabkan Banjir di 13 Titik Jalan Utama

""Palembang, Alhamdulillah menempati peringkat ketujuh di antara kota-kota di Indonesia dan menjadi satu-satunya di Sumatera Selatan. Kita akan terus meningkatkan prestasinya ke depan," katanya.

Dengan pencapaian ini, Ratu Dewa bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi penduduknya.

"Hal ini semua adalah pengabdian kami kepada warga Kota Palembang, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih," ungkapnya.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan selamat kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28 ini.

BACA JUGA:THR Pemkot Palembang Cair! 3.610 Honorer Full Senyum Sambut Lebaran

BACA JUGA:Bolehkah ASN Pemkot Palembang Mudik Lebaran Gunakan Mobil Dinas? Simak Penjelasan Ratu Dewa

"Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan prestasi yang murni dan telah melalui proses penilaian yang cermat," katanya.

Lanjut Tito, proses penilaian untuk penghargaan ini tidak dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri sendiri, melainkan melalui panel yang terdiri dari berbagai unsur pemerintah yang terkait, termasuk sekretaris militer yang melakukan pengecekan.

"Dalam proses ini juga melibatkan berbagai pihak eksternal, termasuk dari kalangan akademisi dan lainnya. Selain itu, lembaga-lembaga internasional yang beroperasi di Indonesia, yang diakui kredibilitasnya dan tidak dapat diintervensi, juga turut serta dalam penilaian ini. Para penerima penghargaan perlu merasa bangga karena penghargaan ini bukanlah hasil permintaan, melainkan merupakan penilaian objektif yang melalui proses yang cukup panjang," pungkasnya.














Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: