Rekruitmen CPNS IKN! Formasi Khusus Diprioritas untuk Putra-Putri Kalimantan Timur

Rekruitmen CPNS IKN! Formasi Khusus Diprioritas untuk Putra-Putri Kalimantan Timur

Rekruitmen CPNS IKN! Kesempatan Besar akan Dibuka Formasi Khusus untuk Putra-Putri Daerah Kalimantan --

Pertama, ASN dari berbagai kementerian/lembaga yang telah mengabdi dan sesuai kriteria akan dipindahkan ke IKN. 

BACA JUGA:Panduan Singkat dan Tepat Bikin Akun SSCASN CPNS 2024, Dijamin Anti Gagal

BACA JUGA:Buka Mei 2024! Siapkan Diri untuk Seleksi CPNS, Ini Jadwal dan Syaratnya

Kedua, dibukanya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus pada tahun 2024 yang saat ini sedang dalam proses penerimaan dengan formasi khusus untuk penempatan di IKN. 

"Setiap kementerian/lembaga saat ini sedang merinci formasi CPNS khusus untuk penempatan di IKN. Contohnya, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama sudah mengalokasikan sebagian formasi khusus untuk IKN dari total formasi rekrutmen yang ditetapkan tahun ini," jelasnya.

Selain itu, akan dilakukan juga mutasi pegawai ASN dari pemerintah daerah (pemda) wilayah Kaltim ke IKN. "Beberapa pegawai ASN dari wilayah Kaltim akan dimutasi ke IKN," tambah Anas.

Dalam mendukung efektivitas kerja IKN Nusantara, pemerintah mengarahkan rekrutmen Calon ASN tahun 2024 untuk sebagian besar merekrut fresh graduate yang akan ditempatkan di IKN. 

BACA JUGA:Formasi CPNS Mei 2024 Resmi Diumumkan, Berikut Cara Daftar dan Syaratnya untuk Semua Jurusan

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK OKI 2024 Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya di Sini

"Sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik bangsa, para fresh graduate, untuk mengabdi di IKN. Rekrutmen fresh graduate dilakukan karena sudah cukup lama pemerintah tidak merekrut fresh graduate dalam skala yang cukup besar," ujarnya.

Presiden Jokowi juga telah menginstruksikan kementerian terkait untuk segera merinci skema insentif atau tunjangan khusus bagi ASN yang dipindahkan ke IKN, yang dikenal sebagai tunjangan pionir. 

"Kami telah menyiapkan dan melakukan simulasi secara komprehensif terkait tunjangan pionir. Namun, besaran, periode, dan mekanisme tunjangan masih dalam pembahasan dan menunggu arahan Presiden. InsyaAllah, dalam dua pekan ke depan, semuanya akan terungkap," terangnya.

Dengan berbagai langkah konkret ini, diharapkan pengisian kebutuhan ASN di IKN dapat berjalan lancar dan efisien, serta memastikan bahwa putera-puteri terbaik Indonesia, termasuk dari wilayah Kalimantan Timur, dapat berperan aktif dalam pembangunan dan pelayanan publik di Ibukota Negara baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: