Wajib Tahu! Berikut 11 Daftar Harga Karun Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Ada Patung Budha Miliaran Rupiah

Wajib Tahu! Berikut 11 Daftar Harga Karun Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Ada Patung Budha Miliaran Rupiah

Wajib Tahu! Berikut 11 Daftar Harga Karun Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Ada Patung Budha Miliaran Rupiah--

SUMEKS.CO - Kerajaan Sriwijaya disebut-sebut kerajaan maritim yang diyakini berpusat di Provinsi Sumatera Selatan, dengan bukti banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah dan benda berharga hingga diburu para pencari harta karun hingga saat ini.

Majalah Wreckwatch edisi tahun 2021, membeberkan beberapa fakta-fakta penemuan harta Karun yang diduga berasal dari Kerajaan Sriwijaya khususnya di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagian besar harta karun yang ditemukan, berupa benda-benda peninggalan sejarah pada zaman Kerajaan Sriwijaya yang dumitemukanbdi sepanjang aliran Sungai Musi.

Dari informasi yang dirangkum Sabtu 20 April 2024, dahulunya sungai sepanjang 75/ kilometer itu menjadi awal terjadinya pusat perdagangan atau jalur sutra di kawasan Asia Tenggara pada abad ke-7 hingga abad ke-10.

BACA JUGA:Tiongkok Cina Keruk Harta Karun Dipenuhi Emas Murni di Solok Selatan Provinsi Sumbar, Sebulan Angkut 30 Kg?

BACA JUGA:Penemuan Bangkai Kapal Dinasti Yuan Mengandung Harta Karun Bernilai Trilyunan, Berumur 700 Tahun

Sebelumnya , para nelayan juga telah menemukan harta karu yang diduga peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya saat melakukan penyelaman malam hari di Sungai Musi.

Para nelayan pencari harta Karun disepanjang aliran Sungai Musi diantaranya banhan menemukan batu permata, cincin upacaranemas, koin dan lonceng perunggu biarawan.

Salah satu penemuan yang paling luar biasa sejauh ini yang ditemukan dari dasar Sungai Musi, adalah patung Buddha abad ke-8 berukuran nyata yang bertatahkan permata berharga miliaran rupiah.

Penulis sekaligus Arkeolog maritim Inggris yang mengungkap penemuan harta karun Kerajaan Sriwijaya, Dr Sean Kingsley dalam penelitiannya mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir saat itu, banyak penemuan hal-hal luar biasa muncul.

BACA JUGA:TERLALU! Israel Mau Kuasai Palestina, Ingin Rebut Harta Karun Nabi Sulaiman yang Terkubur di Masjid Al Aqsa?

BACA JUGA:Main Peti Harta Karun, Game Ini akan Berikan Saldo DANA Gratis Rp 315.000 Tiap Hari

"Koin dari semua periode, patung emas dan Buddha, permata, segala macam hal yang mungkin Anda baca di Sinbad the Sailor dan mengira itu dibuat-buat. Itu benar-benar nyata," kata Kingsley seperti dikutip dari berbagai sumber.

Kingsley menggambarkan harta karun itu sebagai bukti definitif bahwa Sriwijaya adalah "dunia air", orang-orangnya tinggal di sungai seperti manusia perahu modern, seperti yang dicatat oleh teks-teks kuno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: