Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Perekobang Monitoring Pasar Gelumbang

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Perekobang Monitoring Pasar Gelumbang

CEK : Plt Asisten II melakukan monitoring harga di Pasar Gelumbang.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO -  Menjelang lebaran Idul Fitri tahun ini, Bupati Muara Enim diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) H Ahmad Yani Heriyanto, melakukan Monitoring Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan di Pasar Gelumbang, Kecamatan Gelumbang, Jumat 5 April 2024. 

Sama seperti di Pasar Inpres Blok D Muara Enim dan Pasar Bantingan Tanjung Enim kemarin, disini, Asisten Perekobang juga didampingi Tim Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim selain dari perwakilan Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah terkait, Plt Camat Gelumbang, Kepala BPS Muara Enim dan Kepala UPTD Pasar Gelumbang. 

Secara singkat, dikatakan Ahmad Yani usai berkeliling sembari berdialog dengan para pedagang dan masyarakat yang sedang berbelanja tadi, kegiatan monitoring seperti ini rutin dilakukan Pemkab.

Muara Enim terutama dalam menghadapi hari-hari besar seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri guna memastikan ketersediaan dan stabilitas bahan pokok dalam keadaan aman dan stabil. 

BACA JUGA:Waspada Macet! 19.000 Kendaraan Melintas di Tol Terpeka H-2 Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah

BACA JUGA:Atasi Wabah Ngorok, Ratusan Kerbau di Kabupaten OKI Divaksinasi Massal

"Alhamdulillah, setelah kita cek langsung tadi, untuk ketersediaan bahan pangan disini dalam keadaan cukup dan aman. Kemudian untuk stabilitas harga sendiri cukup stabil karena hanya ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, tapi itu masih dalam batas kewajaran," ujar Asisten. 

Asisten juga mengungkapkan kalau monitoring ini akan terus dilakukan dan akan tetap menggelar operasi pasar murah dalam beberapa kesempatan kedepan mengingat saat ini angka inflasi di Kabupaten Muara Enim masih cukup tinggi, apalagi diperkirakan sebelum dan sesudah lebaran nanti akan ada lonjakan kebutuhan bahan pangan. 

"Pemkab Muara Enim selalu memberikan himbauan kepada masyarakat terutama yang akan mudik lebaran untuk lebih teliti lagi sebelum meninggalkan rumah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: