Indeks Pembangunan Manusia Sumsel Melejit Semasa Herman Deru Menjabat Gubernur

Indeks Pembangunan Manusia Sumsel Melejit Semasa Herman Deru Menjabat Gubernur

Herman Deru, Gubernur Sumsel periode 2018-2023.--

Peningkatan IPM 2022 didukung oleh peningkatan disemua komponen penyusunnya. Seluruh dimensi pembentuk IPM mengalami peningkatan, terutama umur panjang dan hidup sehat serta hidup layak. Data ini mengacu dari Berita Resmi Statistik pada 02 Februari 2022. 

Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sumatera Selatan berlanjut pada tahun 2023 mencapai 73,18 meningkat 0,70 poin dibandingkan capaian tahun sebelumnya. Selama 2020-2023, IPM Sumatera Selatan rata-rata meningkat sebesar 0,72 prsen per tahun. 

BACA JUGA:Tinjau Rest Area KM 277 Jalur Mudik Lebaran Idulfitri 2024 Ruas Tol Terpeka OKI, Kapolda Sumsel Sampaikan Ini

BACA JUGA:Bhayangkari Sumsel Bagikan 3.000 Takjil dan Paket Sembako di Puasa Ramadan ke-24

Peningkatan IPM 2023 terjadi pada semua dimensi, baik umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak. 

Tingginya IPM Sumsel ini menjadi salah satu indikator majunya mutu pendidikan di masa kepemimpinan Herman Deru.

Untuk terus meningkatkan IPM ini, semasa memimpin Sumsel HD agresif mengajak Perguruan Tinggi di Sumsel ikut berperan dan memberikan kontribusi. 

Capaian itu turut dibenarkan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel Moh. Wahyu Yulianto. Menurutnya sejak lima tahun terakhir, IPM Sumsel melompat drastis.

BACA JUGA:Berkah Ramadan, Imigrasi Palembang Berbagi Takjil Hingga Beri Santunan Ke Panti Asuhan

BACA JUGA:Satgas Halal Sumsel Lakukan Pengawasan Rumah Potong Hewan

"Dari yang dulu hanya di kriteria sedang, namun saat ini sudah pada level yang tinggi. Ini merupakan capaian yang sangat baik,” kata Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto melalui keterangan yang diterima, Selasa 6 Juni 2023.

Senada dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel Regina Ariyanti. 

Regina mengatakan salah satu upaya yang memberikan dampak signifikan bagi peningkatan IPM dan penurunan angka kemiskinan adalah dana Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus). 

Bangubsus tersebut nilainya mampu mendorong pemerataan pembangunan di sejumlah daerah, mulai dari pembangunan sektor kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi. 

BACA JUGA:Oknum Ketua RT 'Tempeleng' Korban Anak hingga Berdarah, Ayah Korban Minta Pelaku Segera Ditangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: