Saat Sidak Terpantau Harga Sembako Stabil, tapi Pj Sekda Palembang Temukan Ini di Supermarket!

Saat Sidak Terpantau Harga Sembako Stabil, tapi Pj Sekda Palembang Temukan Ini di Supermarket!

Sidak di dua supermarket Palembang jelang Lebaran menunjukkan harga bahan pokok stabil dan stok aman.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kekhawatiran akan melonjaknya harga sembako dan ketersediaannya yang menipis selalu menghantui masyarakat. Namun, tahun ini tampaknya berbeda.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ir. H. Gunawan, M.TP bersama bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) melakukan sidak di sejumlah supermarket di Kota Palembang, Senin 1 April 2024.

''Hasil sidak tadi kita menemukan harga sembako stabil dan ketersediaannya normal,'' kata Pj Sekda Palembang Ir H Gunawan.

Sidak dilakukan dilakukan di 2 supermarket itu untuk memantau ketersediaan stok pangan, keamanan pangan di bulan suci Ramadhan, dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

BACA JUGA:TPU Kebun Bunga Penuh, Pj Sekda Palembang Arahkan Masyarakat Manfaatkan TPU di Wilayah Ini

BACA JUGA:Pj Sekda Palembang Hadiri Forum Sekda Kota Seluruh Indonesia 2023

Dua supermarket yang disidak adalah Pasar Foodmart Supermarket PIM dan Transmart Jalan Radial Palembang. Pj Sekda Palembang, Ir. H. Gunawan, M.TP menjelaskan bahwa dalam sidak tersebut, dirinya sengaja melakukan peninjauan kondisi barang, harga, ketersediaan stok, serta keamanan produk itu sendiri.

Hasilnya, tidak ditemukan produk yang bermasalah ataupun berbahaya di kedua supermarket tersebut. Terkait harga, Pj Sekda Palembang Gunawan menjelaskan bahwa saat ini kondisinya masih stabil.

Bahkan, harga daging di supermarket lebih rendah daripada di pasar tradisional. Harga daging di supermarket dibanderol dengan harga Rp 130.000 per kilo, sedangkan di pasar tradisional sudah mencapai hampir Rp 140.000 per kilo.

Berdasarkan hasil sidak di beberapa pasar tradisional dan supermarket, harga bahan pokok seperti beras, daging sapi, ayam, telur, dan minyak goreng masih berada dalam batas wajar.

BACA JUGA: Ratusan Pelajar Mengikuti Lomba Edukatif Kultural, Sekda Palembang : Diharapkan Digelar Setiap Tahun

BACA JUGA:Prihatin Warganya Terdampak Polusi Batu Bara, Sekda Palembang H Ratu Dewa Turunkan Tim

Kenaikan harga memang terjadi pada beberapa komoditas, namun masih dalam kisaran yang wajar dan tidak terlalu signifikan.

Stok bahan pokok di pasar tradisional juga terpantau aman. Distribusi yang lancar dan pasokan yang cukup dari distributor dan petani menjadi faktor utama terjaganya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: