Telkomsel Enterprise Rilis Riset Ramadan Insight 2024, Jangkau Pasar Lebih Luas Selama Bulan Puasa

Telkomsel Enterprise Rilis Riset Ramadan Insight 2024, Jangkau Pasar Lebih Luas Selama Bulan Puasa

Telkomsel Enterprise kembali merilis hasil riset Ramadan Insight 2024--

Di sisi lain, Komunitas para pencari promo mencatat peningkatan trafik data sebesar 26 persen pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33 persen, siang hari 21 persen, dan sebelum berbuka puasa 23 persen.

Melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, ditemukenali bahwa sebanyak 69 persen responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadan, di mana salah satu faktornya karena adanya THR yang di terima dalam bentuk cash 83 persen dan transfer bank 12 persen.

Kemudian 68 persen responden menyatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk mudik, di mana mayoritas responden menyesuaikan jadwal libur dan cuti mereka untuk mudik satu minggu sebelum lebaran, selain itu sebagian besar responden membeli tiket mudik satu bulan sebelum lebaran.

BACA JUGA:Telkomsel Prabayar dan JKT48 Menghadirkan Paket kuWOTA JKT48, Harga Mulai Rp 60 Ribu

BACA JUGA:Telkomsel Kembali Raih Global TD-LTE Initiative (GTI) Awards 2024 Melalui Use Case 5G Robotic Telesurgery

Untuk melaksanakan mudik, mode transportasi kendaraan pribadi mobil dan motor menjadi yang paling banyak di pilih, kemudian di ikuti oleh Kereta Api, Pesawat dan Bus.

Selain donasi dan mudik, belanja menjadi kegiatan pokok lain pada saat Ramadan, hasil riset ini juga menunjukkan bahwa toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce sudah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja.

Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60 persen responden, diikuti oleh Tokopedia 20 persen dan Lazada 10 persen.

Kemudahan berbelanja, gratis ongkos kirim, dan pembayaran online yang terintegrasi menjadi alasan utama konsumen memilih e-commerce.

BACA JUGA:Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal, Perkuat Kolaborasi Strategis di MWC 2024 Barcelona

BACA JUGA:Menjelajah Masa Depan Digital, Telkomsel dan Huawei Jalin Kemitraan Strategis untuk 5G dan Home Broadband

Terkait pengeluaran selama Ramadan, sebanyak 78 persen responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran, di mana mayoritas dari mereka meningkatkan pengeluarannya sebanyak satu sampai dengan tiga kali di atas pengeluaran biasanya, dengan lima prioritas pengeluaran utama seperti sembako, makanan siap saji, pakaian baru, vitamin dan obat-obatan hingga tiket mudik.

Selain itu gadget juga masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama momen Ramadan, di mana pelajar merupakan segmen yang paling membutuhkan gadget baru dengan 56 persen, kemudian di ikuti oleh pekerja dan wiraswasta. Mereka cenderung membeli jenis perangkat ini secara teratur dengan persentase pembelian Handphone sebesar 63 persen, Laptop sebesar 22 persen, dan 7 persen dari responden juga membeli TV baru.

Melalui hasil survei ini, menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan Hari Raya bagi masyarakat Indonesia, di mana masyarakat akan berusaha untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Bagi pelaku bisnis, informasi ini sangat berharga karena memberikan wawasan mendalam tentang pola perilaku dan preferensi pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: