Marah dan Berkata Kasar: Batalkan Puasa atau Sekedar Berkurang Pahala? Ini Penjelasannya!

Marah dan Berkata Kasar: Batalkan Puasa atau Sekedar Berkurang Pahala? Ini Penjelasannya!

Marah di bulan puasa dapat mengurangi pahala-ilustrasi-

Artinya: "Puasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum saja, puasa adalah menahan diri dari perkataan sia-sia dan keji." (HR Baihaqi dan Al-Hakim).

Seperti yang diketahui bahwa puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan dimana ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan emosi dan perilaku, termasuk marah.

Marah sebenarnya tidak membatalkan puasa atau sekedar berkurang pahala khusus bagi mereka yang merasa marah dengan tujuan syari atau mendidik jadi hitungannya puasanya tetap sah dan tidak batal.

Namun, tetap saja sebagai seorang yang sedang menjalankan ibadah puasa sebaiknya memelihara emosi agar tidak sampai bertengkar dengan orang lain.

BACA JUGA:Debat tak Berkesudahan, Buka Puasa dengan Air Es dan Air Hangat, Mana yang Sehat?

BACA JUGA:Waspada! 5 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Akibat nya Bisa Fatal

Nabi Muhammad SAW memberikan nasihat agar ketika berpuasa, harus tetap memelihara sikap lemah lembut, bahkan jika ada orang yang bersikap buruk sekalipun.

“Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa.’” (HR Bukhari no. 1904 dan Muslim no. 1151)

Menahan marah adalah perbuatan yang dianjurkan dalam Islam. Tutur kata yang baik dapat menghilangkan permusuhan dan dendam kesumat.

“Tolaklah (kejelekan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia,” (QS. Fushilat: 34-35).

BACA JUGA:Anti Capek! 8 Tips Membersihkan Rumah Saat Puasa Agar Lebih Cepat dan Efisien

BACA JUGA:Catat Batas Aman Konsumsi Gula Harian, Buka Puasa Dengan Makanan Manis Jangan Kalap Ya!

Jadi, meskipun marah tidak membatalkan puasa tetap diingatkan untuk menjaga emosi dan berusaha bersikap baik terhadap orang lain selama berpuasa. 

Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu menjaga emosi dan amarah saat berpuasa.

1. Perbanyak zikir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: