Istilah Berbuka Dengan yang Manis Ternyata Bukan Ajaran Islam? Cek Faktanya Disini

Istilah Berbuka Dengan yang Manis Ternyata Bukan Ajaran Islam? Cek Faktanya Disini

Fakta menarik tentang istilah ‘berbukalah dengan yang manis-manis’--

Kendati demikian makanan dan minuman yang manis bisa dianggap mirip dengan sifat kurma yang manis, sehingga mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Jadi, kesimpulannya dianjurkan saat berbuka puasa untuk mengonsumsi buah-buahan manis, bukan makanan olahan manis seperti sirup dan sebagainya.

Namun perlu diketahui bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman manis seperti kolak saat berbuka puasa tetap diperbolehkan dan tidak ada larangan. 

Yang terpenting adalah berbukalah secukupnya dan tidak berlebihan.

BACA JUGA:Ini Doa untuk Orang yang Memberi Makanan Berbuka Puasa, Jangan Cuma Terima Kasih!

BACA JUGA:Puasa Ramadan Tapi Tak Salat Apa Hukumnya? Buya Yahya Beri Jawaban Menohok!

Jadi, meskipun “berbukalah dengan yang manis” bukanlah ajaran Islam atau sunah secara langsung, mengikuti sunah berbuka puasa dengan kurma dan minum air putih tetap menjadi pedoman yang baik selama bulan Ramadhan.

Istilah satu ini memang sering menjadi kebiasaan apalagi mengingat istilah tersebut sangat populer, tapi mari kita kulik dari sisi kesehatan apakah baik atau malah sebaliknya.

Fakta menunjukkan ternyata mengonsumsi makanan atau minuman manis setelah berpuasa dapat membantu mengembalikan kadar gula darah yang turun selama puasa. 

Ini membantu mencegah gejala lemas, pusing, dan kelelahan yang biasanya terjadi setelah berpuasa.

BACA JUGA:Subhanallah, Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadan, Perbanyak Amalan Berikut Biar Dilimpahkan Rahmat

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah! Yang Benar itu Berbuka Puasa Dulu baru Berdoa, Ustad Adi Hidayat Malah Bilang Seperti Ini

Gula dalam makanan manis adalah sumber energi utama bagi tubuh. 

Ini dikarenakan saat berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi karena tidak ada asupan cairan sepanjang hari sehingga untuk mengembalikannya dibutuhkan makanan manis yang bisa membantu mengatasi dehidrasi dan memberikan energi kembali.

Buah-buahan adalah pilihan yang baik saat berbuka karena mengandung serat yang membantu mengontrol gula darah agar tidak melonjak tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: