Solusi Atasi Banjir, Ketua DPRD Kota Palembang, Minta Pengerukan Aliran Sungai

Solusi Atasi Banjir, Ketua DPRD Kota Palembang, Minta Pengerukan Aliran Sungai

Ketua DPRD Palembang Zainal Abidin--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin meminta Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan pengerukan aliran sungai guna mengatasi masalah banjir.

"Kita berharap terdapat tindakan konkret, bukan hanya retorika dalam penanganan genangan air pasca hujan di Kota Palembang," ungkapnya di Kantor DPRD Palembang, Rabu 6 Maret 2024.

Dijelaskan Ketua DPRD Kota Palembang, sebagai contoh ia menunjukkan salah satu lokasi di Jalan Basuki Rahmat tinggi aliran sungai berbeda dengan air sungai.

BACA JUGA:Tongkang Pengangkut Batu Bara Sering Kecelakaan, Pansus 6 DPRD Palembang Siapkan Perda Transportasi Sungai

"Pada musim kemarau, aliran sungai tersebut mengandung endapan lumpur yang mengeras, sehingga dapat diatasi dengan melakukan pengerukan hingga kedalaman dua meter atau minimal satu meter untuk meningkatkan kapasitas tampung air," jelas politisi partai Demokrat tersebut.

Ketua DPRD Kota Palembang juga mengungkapkan prioritas utama dan langkah konkret dalam menghadapi banjir haruslah pengerukan yang terencana saat musim kemarau.

"DPRD Palembang akan mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan operasi tersebut secara efektif dengan melakukan pengerukan alirana sungai," ungkapnya.

Lanjut Zainal Abidin juga memohon kepada semua pihak mengingatkan para legislator mengenai lokasi-lokasi yang memerlukan pengerukan.

BACA JUGA:Keras! Ketua Komisi II DPRD Palembang Perintahkan Pengelola Pasar Malam di Benteng Kuto Besar 'Angkat Kaki'

"Pengerukan di kawasan Basuki Rahmat perlu dilakukan karena setiap hujan deras menyebabkan genangan air di titik tersebut. Begitu juga lokasi yang perlu dikeruk agar melapor," tuturnya.

Sementara, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan dalam upaya penanganan banjir di Kota Palembang melakukan penyedotan air.

"Langkah-langkah penanganan melibatkan penyedotan air oleh tim dari Dinas PUPR dan pihak terkait dengan dukungan mesin pompa air," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: