Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut BUMD, BPD sangat Strategis Sokong PAD

Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut BUMD, BPD sangat Strategis Sokong PAD

Pj Gubernur Agus Fatoni dalam kegiatan FGD Pemenuhan Modal Inti Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Konsolidasi Perbankan Daerah--

SUMEKS.CO -  PJ Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Agus Fatoni menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Pemenuhan Modal Inti Minimum Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Konsolidasi Perbankan Daerah.

"Ini sangat penting bagi pemilik dan pengelola bank. Selama menjadi pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BPD ini sangat strategis karena pemiliknya adalah daerah berarti semuanya tergantung pada daerah," kata Fatoni  di Jakarta, Senin 4 Maret 2024.

Agus Fatoni mengatakan BUMD didirikan agar memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, menyelenggarakan kemanfaatan umum dan memperoleh laba atau keuntungan.

Oleh karena itu, dia berharap peran BPD sebagai BUMD dapat mewujudkan tujuannya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Hadiri Rakor HKBN 2024 bersama Mendagri dan Kepala Badan Pangan Nasional

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta

"Peran BUMD itu penting sehingga diharapkan dengan adanya BPD, daerah bisa maju dan ada fungsi lain juga yakni menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujarnya.

Fatoni menilai, penguatan BPD perlu terus dilakukan dengan konsolidasi dan solusi melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Hukum.

"Menghadapi dinamika perekonomian serta teknologi informasi domestik dan global perlu penguatan struktur, ketahanan dan daya saing industri perbankan nasional yang bertujuan untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional BPD perlu terus melakukan konsolidasi," ucapnya.

Lebih jauh Fatoni mengatakan, untuk mengatasi kekurangan modal inti pada BPD bisa diatasi dengan berbagai skema salah satunya dengan Kelompok Usaha Bank (KUB).

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel : Produktivitas Padi Sumatera Selatan Tertinggi Di Sumatera dan ke-4 Secara Nasional

BACA JUGA:Pj Gubernur Fatoni Dampingi Presiden Jokowi Buka Muktamar IMM XX di Palembang

Dia berharap melalui skema KUB ini dapat terus dikembangkan kerjasama lainnya dengan menggali potensi daerah dan mendorong perekonomian daerahnya.

"KUB ini adalah Bank yang berada dalam satu kelompok karena keterkaitan kepemilikan atau pengendalian yang terdiri dari dua bank," jelas Fatoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: