Puncak Perayaan Cap Go Meh 2024, Ribuan Umat Tridharma Langsungkan Sembahyang di Pulau Kemaro

Puncak Perayaan Cap Go Meh 2024, Ribuan Umat Tridharma Langsungkan Sembahyang di Pulau Kemaro

Umat Tridharma sedang Sembahyang di Pulau Kemaro Palembang pada Puncak Perayaan Cap Go Meh pada Kamis 22 Februari 2024 malam. Foto: Naba/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ribuan Umat Tridharma melangsungkan Sembahyang di Pulau Kemaro Palembang pada Puncak Perayaan Cap Go Meh pada Kamis 22 Februari 2024 malam. 

Mereka telah berdatangan untuk melakukan sembahyang sejak tanggal 19 Februari 2024 lalu saat menjelang Puncak Perayaan Cap Go Meh 2024.

Kamis 22 Februari 2024 malam merupakan puncak ibadat dan Perayaan Cap Go Meh 2024.

Bedasarkan pantauan SUMEKS.CO di Pulau Kemaro Palembang pada Kamis 22 Februari malam. Satu per satu Umat Tridharma atau Tionghoa berdatangan sejak pagi hingga dini hari untuk melangsungkan Sembahyang secara bergantian. 

BACA JUGA:Ratusan UMKM Raup Cuan di Perayaan Cap Go Meh 2024 Pulau Kemaro Palembang

"Sembahyang pada malam ini kami memanjatkan doa, mengucap syukur dan memohon keselamatan untuk tahun 2024 ini agar lebih baik kepada Dewa maupun mendoakan leluhur," kata Ling salah satu umat yang melaksanakan ibadat. 

Koordinator Panitia Cap Go Meh Tjik harun menjelaskan Cap Go Meh dimulai pada Rabu 21 Februari 2024 pukul 12.00 WIB dengan sembahyang di dermaga setiap lima tahun sekali, diikuti kunciong dan altar Toa Pekong.

Dilanjutkan Kamis 22 Februari dengan sembahyang mengundang dewa telah dilakukan pada pukul 15.00 WIB hingga selesai. 

Kemudian puncaknya Kamis malam pukul 23.15 WIB hingga selesai mengundang Toa Pekong serta kurban kambing.

BACA JUGA:Ribuan Wisatawan Antusias Ramaikan Perayaan Cap Go Meh 2024 di Pulau Kemaro Palembang

"Makna pengorbanan kambing ini adalah ungkapan terima kasih kepada Siti Fatimah atas kelancaran dan keberkahan yang telah diberikan selama setahun ini," jelasnya. 

Adapun Jumat 23 Februari 2024 dari pukul 12.00 WIB hingga selesai, acara akan dilanjutkan dengan sembahyang di altar depan. 

"Sedangkan untuk penutup pada Minggu 25 Februari 2024 dari pukul 12.00 WIB hingga selesai, diadakan sembahyang Kokun dan Toa Pekong Shang Sin," tutur Harun. 

Lanjut Tjik Harun, serangkaian kegiatan sebelum mencapai puncak malam perayaan Cap Go Meh turut disemarakkan oleh pertunjukan Barongsai dan berbagai kesenian tradisional Tionghoa lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: