Memperkuat Pertahanan Ibu Kota Baru, TNI AD Bangun Korem dan Koramil di IKN

Memperkuat Pertahanan Ibu Kota Baru, TNI AD Bangun Korem dan Koramil di IKN

TNI AD berencana membangun Komando Resor Militer (Korem) dan Komando Rayon Militer (Koramil) di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).--

Korem dan Koramil Bakal Dibangun di IKN oleh TNI AD

SUMEKS.CO  - TNI AD berencana membangun Komando Resor Militer (Korem) dan Komando Rayon Militer (Koramil) di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Pembangunan ini dilakukan untuk mendukung pemindahan ibu kota negara ke IKN.

"Kami sudah melihat, kita sudah rencana, sudah dibangun Kodim. Rencana nanti akan dibangun Korem lagi, serta Koramil-Koramil, termasuk ada 18 satuan ditempatkan di IKN," kata Maruli lewat keterangan tertulis, Kamis 22 Februari 2024.

Dikatakannya, TNI Angkatan Darat juga sudah siap mengawal upacara peringatan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 di IKN. Nantinya ada ribuan prajurit TNI AD yang akan dikerahkan.

BACA JUGA:Menuju Pelayanan Publik Berkualitas di Lapas Lubuklinggau, Kemenkumham Sumsel Verifikasi Kepuasan Pelayanan

"Mengenai rencana pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN, bahwa TNI AD akan mengerahkan 1.500 hingga 2.000 personelnya dalam kegiatan tersebut," katanya.

Dalam kunjungannya ke IKN, Maruli meninjau Titik Nol Nusantara, Sub Detasemen TNI Markas Besar Angkatan Darat (Sub Denmabesad), lokasi pembangunan Istana Negara, Kodim IKN, lokasi wisata alam Glamping IKN, serta Pelabuhan PT IHM.

KSAD juga mengapresiasi progres pembangunan infrastruktur IKN yang diprediksi akan berkembang pesat.

Dia menegaskan pentingnya kesiapan pemindahan ibu kota sebagai langkah strategis untuk mendukung pembangunan serta pertumbuhan ekonomi yang merata di Indonesia.

BACA JUGA:Pria Ini Pecahkan Rekor Guinness Membuat Mesin Cuci Terkecil di Dunia, Netizen Ada Saja yang Meremehkan

"Jadi untuk itu aspek keamanan dan pertahanan sangat penting dalam perencanaan pembangunan ibu kota baru," ujarnya.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat memberikan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Prajurit TNI AD yang ditugaskan di wilayah teritorial Komando Distrik Militer 0913/Penajam Paser Utara, Kaltim, bakal ditambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: