Ribuan Wisatawan Antusias Ramaikan Perayaan Cap Go Meh 2024 di Pulau Kemaro Palembang

Ribuan Wisatawan Antusias Ramaikan Perayaan Cap Go Meh 2024 di Pulau Kemaro Palembang

Ribuan wisatawan antusias meramaikan perayaan Cap Go Meh tahun 2024 di Pulau Kemaro Palembang pada Kamis 22 Februari 2024. Foto: Naba/sumeks.co--

Peserta berasal dari Jakarta, Jambi, Lampung, dan tempat lainnya. Cap Go Meh di Pulau Kamaro terus dijaga keberlanjutannya, dengan Pagoda sebagai ikonnya.

BACA JUGA:Ternyata Begini Asal Usul dan Sejarah Cap Go Meh, Intip Perayaannya di Pulo Kemaro Palembang

"Jembatan dipasang setiap tahun menggunakan ponton dan dibuka mulai tanggal 19-24 Februari," katanya. 

Dijelaskan Harun, Cap Go Meh dimulai pada Rabu 21 Februari 2024 pukul 12.00 WIB dengan sembahyang di dermaga setiap lima tahun sekali, diikuti kunciong dan altar Toa Pekong.

Dilanjutkan Kamis 22 Februari dengan sembahyang mengundang dewa telah dilakukan pada pukul 15.00 WIB hingga selesai. 

Kemudian puncaknya pukul 23.15 WIB hingga selesai mengundang Toa Pekong serta kurban kambing.

BACA JUGA:Cap Go Meh Ramai, Dispar Palembang Optimis Target 2,2 Juta Wisatawan Tercapai

"Makna pengorbanan kambing ini adalah ungkapan terima kasih kepada Siti Fatimah atas kelancaran dan keberkahan yang telah diberikan selama setahun ini," jelasnya. 

Adapun Jumat 23 Februari 2024 dari pukul 12.00 WIB hingga selesai, acara akan dilanjutkan dengan sembahyang di altar depan. 

Sedangkan untuk penutup pada Minggu 25 Februari 2024 dari pukul 12.00 WIB hingga selesai, diadakan sembahyang Kokun dan Toa Pekong Shang Sin.

Lanjut Tjik Harun, serangkaian kegiatan sebelum mencapai puncak malam perayaan Cap Go Meh turut disemarakkan oleh pertunjukan Barongsai dan berbagai kesenian tradisional Tionghoa lainnya. 

BACA JUGA:Wisatawan Mancanegara Sudah Mulai Masuk Palembang Saat Event Cap Go Meh, Palembang Butuh Konsisten Soal Ini?

Masyarakat dapat hadir menikmati keceriaan perayaan tersebut serta mengabadikan momen meriah dengan berfoto di depan pagoda 9 tingkat dan deretan ribuan lampu lampion yang menarik.

Pulau Kemaro menjadi ramai sejak pagi hingga siang dengan aktivitas UMKM yang beragam selama perayaan Cap Go Meh. 

"Pengunjung yang datang bersama keluarga dapat mengajak buah hati bermain dengan berbagai permainan seperti menyewa sepeda listrik, memancing ikan, melukis, bermain perosotan, odong-odong, dan beragam permainan lainnya," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: