Cap Go Meh Ramai, Dispar Palembang Optimis Target 2,2 Juta Wisatawan Tercapai

Cap Go Meh Ramai, Dispar Palembang Optimis Target 2,2 Juta Wisatawan Tercapai

Sulaiman Amin. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota PALEMBANG optimis dapat mencapai target 2,2 juta wisatawan pada tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin kepada SUMEKS.CO, Kamis 16 Februari 2023.

"Kita menargetkan sebanyak 2,2 juta wisatawan yang berkunjung pada tahun ini. Kita melihat potensi besar pada tahun ini, oleh karena itu optimis dapat terpenuhi target tersebut," kata Sulaiman Amin.

Sulaiman Amin menjelaskan, target pada tahun 2022 yakni 1,5 juta wisatawan. Atas target tersebut Dinas Pariwisata Palembang berhasil melebihi target yang ditetapkan yakni 1,57 juta wisatawan yang didominasi oleh wisatawan nusantara.

BACA JUGA:Wisatawan Mancanegara Sudah Mulai Masuk Palembang Saat Event Cap Go Meh, Palembang Butuh Konsisten Soal Ini?

"Jadi memang yang mendominasi itu wisatawan nusantara yang berkunjung. Untuk wisatawan manca negara itu terbilang masih sedikit karena mengingat penerbangan ke Palembang itu tidak ada yang langsung dan harus melakukan transit ke Jakarta terlebih dahulu sehingga itu memberatkan ongkos para wisatawan," jelasnya.

Lanjut Sulaiman Amin, Dinas Pariwisata Palembang optimis untuk mencapai target 2023, dibuktikan dengan capaian wisatawan pada awal tahun ini meningkat ketika event Cap Go Meh.

"Cap Go Meh jumlah pengunjung wisatawan mencapai 100.000 wisatawan baik nusantara bahkan ada dari manca negara. Capaian awal tahun yang baik ini berbeda dari tahun sebelumnya karena Cap Go Meh tahun 2023 dibuka kembali, tahun sebelumnya masih ditutup," ucapnya.

Selain itu, Sulaiman Amin menyebutkan hal lain yang membuat optimis pada target yang ditetapkan pada tahun 2023 yakni Calendar of Charming Events atau kalender kegiatan pariwisata kota pada tahun 2023.

BACA JUGA:Jaga Kenyamanan Wisatawan, Plaza Pasar 16 Ilir Palembang Dijaga Pol PP

Kota Palembang terdapat 107 kegiatan mulai dari wisata budaya, musik, festival hingga religi.

Dari 107 kegiatan wisata itu, kata dia, ada 10 kegiatan yang menjadi unggulan yaitu Cap Go Meh, Ziarah Kubro, FIFA World Cup U-20, Sriwijaya Expo, Palembang Heritage Run, Festival Sriwijaya, Bujang Gadis Palembang, Palembang Expo, Pekan Adat Sumsel dan Bidar Tradisional.

"Terutama penyelanggaraan Piala Dunia U-20 di Kota Palembang, yang nantinya banyaknya wisatawan manca negara bekunjung sehingga pada tahun ini jumlah wisatawan itu tidak hanya didominasi oleh wisatawan nusantara saja. Bahkan dari Manca Negara para tamu pemain dan ofisial Piala Dunia U-20 bahkan para suporternya berdatangan. Hal ini membuat kami optimis," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: