Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas Mulai dari Stunting hingga Pemilu Damai

Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas Mulai dari Stunting hingga Pemilu Damai

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menerima audiensi DPD APDESI Sumsel--

Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas Mulai dari Penurunan Stunting hingga Pemilu Damai

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Sumsel untuk bersinergi dengan memberikan kontribusi dan dukungan kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

Selain itu untuk meningkatkan perekonomian desa dan kualitas aparatur desa yang mana hal tersebut disampaikannya saat menerima audiensi DPD APDESI Sumsel di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan pada Senin 12 Februari 2024.

Agus Fatoni menegaskan sebagai organisasi yang mewadahi kepala desa di kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel, APDESI tentu diharapkan dapat memaksimalkan organisasi sebagai ruang konsolidasi untuk menyusun dan melaksanakan program pembangunan untuk percepatan kemajuan dan kesejahteraan desa serta masyarakatnya.


Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama DPD APDESI Sumsel di Kantor Gubernur Sumsel--

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Kominda, KPU dan Bawaslu Bahas Kesiapan Pemilu

“Paling penting kepala desa harus jadi pemersatu di desa, dijaga iklim kondusif sehingga aktifitas pembangunan bisa berjalan dengan baik. Kepala desa tidak boleh autopilot, harus betul-betul memahami ilmu leadership, kuasai betul tugasnya dan banyak belajar, jadi kepala desa bisa sukses, kalau wawasannya harus luas,” kata Agus Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama dia juga mengimbau kepala desa dan perangkat desa untuk terus memahami pengelolaaan keuangan secara akuntabilitas dan administratif.

Menurutnya dalam hal ini tentu peran kepala desa sangat stragetis, terlebih dalam mendukung kebijakan pemerintah. 

“Bangun terus komunikasi untuk seluruh kepala desa, perangkat desa dan masyarakat desa, terlebih dalam rangka menjaga iklim kondusif di Provinsi Sumsel. Kita di Provinsi Sumsel ini, Forkopimdanya kompak, Bupati/Walikota kompak, kepala desa juga harus kompak, Sumsel ini selain maju dengan pembangunan dan prestasinya juga mendorong masyarakat untuk sejahtera,” ucap Fatoni. 

BACA JUGA:Jaga Netralitas ASN di Pemilu 2024, Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Pengawasan dan Pengendalian BKN

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Dukungan ICRAF untuk Pembangunan Sumsel

Menurutnya, kepala desa juga harus turut serta mendukung penuh program prioritas yang saat ini menjadi atensi seperti inflasi, penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrem serta menyukseskan pemilu dengan aman dan kondusif. 

“Banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya gerakan menanam, jadi masyarakat diminta menanam di pekarangan rumah, di kebun, kalau itu terjadi kebutuhan rumah tangga kita akan tercukupi,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: